Lakukan Komsos, Babinsa Koramil Purbolinggo Bersama Warga Bersihkan Lingkungan

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Babinsa Koramil 429-06/Purbolinggo Kodim 0429/Lamtim Kopda Andi Anfari melaksanakan Komsos (Komunikasi Sosial) sekaligus gotong-royong pembersihan lingkungan di Desa Tambah Luhur, Kecamatan Way Bungur, Sabtu (19/11/2022).

Komsos adalah salah satu metode pembinaan teritorial (Binter) yang diselenggarakan dalam rangka memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan kepada segenap komponen bangsa.

Kegiatan komsos ini merupakan tugas rutin yang harus dilaksanakan oleh Babinsa di wilayah, komsos merupakan sarana mempererat hubungan antara TNI dan nasyarakat, sebagai sarana menyampaikan informasi maupun himbauan kepada masyarakat, serta untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan.

Baca Juga :  Sinergi Dengan Pemerintah Daerah, Babinsa Hadiri Sunatan Masal

Melalui pelaksanaan Komsos secara rutin keberadaan Babinsa dapat diterima dan berdampak positif di masyarakat.

Babinsa (Bintara Pembina Desa) TNI AD merupakan satuan teritorial paling terdepan dan terendah di TNI AD dalam aparat teritorial, kenapa terdepan karena yang berhadapan langsung dengan masyarakat.

Babinsa kedudukannya berada dibawah Komando Rayon Militer (Koramil), dan bagian dari Komando Distrik Militer (Kodim) Komando Resort Militer (Korem) dan kalau ditarik keatas lagi Komando Daerah Militer (Kodam).

“Saat ini Babinsa harus sangat berperan penting di masyarakat, agar citra TNI selalu baik di mata rakyat. Babinsa harus menguasai wilayah desa binaannya, sehingga bisa mengetahui berapa jumlah penduduk di desa binaan, dan sebagainya”, kata Andi.

Baca Juga :  Wakili Danramil, Babinsa Koramil Purbolinggo Hadiri Acara Anniversary Ke-3 Gomes

“Kehadiran Babinsa harus bisa dirasakan dan memberikan solusi, meringankan masyarakat dan membantu mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya seperti yang tertuang dalam delapan wajib TNI. Selain itu juga, Babinsa harus mampu dan terus meningkatkan komunikasi sosial, manajemen teritorial, pengumpulan data dan analisa sesuai aspek geografi, demografi dan kondisi sosial di lapangan”, tegasnya. (Rilis/Eko)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum