Cegah Penyebaran PMK, Babinsa Way Bungur Dampingi Vaksinasi Hewan Ternak

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Babinsa Koramil 429-02/Way Bungur Kodim 0429/Lamtim Serda Pujiyanto melaksanakan pendampingan vaksinasi ( Cavax ) terhadap hewan ternak khususnya sapi untuk pencegahan penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), di Desa Taman Negri, Kecamatan Way Bungur, Minggu (20/11/2022).

Di sela-sela kegiatan, Babinsa Serda Pujiyanto mengatakan kegiatan yang dilakukan dalam rangka mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang saat ini mulai mewabah di berbagai daerah khususnya Desa Taman Negri.

β€œVaksinasi hewan ternak terus dilakukan secara bergilir di beberapa wilayah kecamatan Way Bungur, termasuk Desa Taman Negri oleh Tim Vaksinator dari Dinas Peternakan guna mencegah penularan dan penyebaran wabah PMK,” tuturnya.

“Tak hanya mendampingi, saya selaku Babinsa yang terjun langsung di lapangan juga mendata berapa jumlah hewan ternak yang ada. Pendataan meliputi jumlah total ternak, berapa yang sudah tervaksin, berapa yang terjangkit PMK kalau ada dan berapa yang sembuh untuk bahan laporan ke Komando atas, “bebernya”.

Baca Juga :  Sinergi Babinsa Koramil Sukadana Sukseskan Program Quick Wins Presisi Polres Lamtim

Ia juga menghimbau kepada warga agar senantiasa menjaga kebersihan kandang ternaknya. Salah satunya dengan menyemprotkan cairan disinfektan agar hewan ternak warga terhindar dari PMK.

Sementara itu KPD Peternakan Way Bungur Suparno menyampaikan bahwa program Vaksinasi yang di lakukan bertujuan agar hewan ternak milik warga tidak terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Untuk itu saya sarankan agar para pemilik ternak selalu menjaga kebersihan kandang dan ternaknya. Sesering mungkin melakukan pembersihan kotoran sapi dan menyemprotkan disinfektan.

Baca Juga :  Sekretaris DPC AWPI Lampung Timur Apresiasi Kinerja Kejari Lampung Timur Atas Ditahannya Kades Braja Gemilang

Selain itu, dapat ditambahkan dengan pemberian suplemen maupun obat-obatan hewan bila ada sapi yang terindikasi sakit. Wabah PMK pada sapi dan binatang ternak lainnya dapat ditangani dengan cepat.

“Yang terpenting pemilik ternak harus cepat melaporkan ke pihak terkait. Bila ada hewan ternaknya sakit. Ini upaya kita bersama agar penyebaran PMK tidak ada diwilayah Kabupaten Lampung Timur, ” pungkas Danil.

Turut hadir dalam kegiatan vaksinasi PMK, Bhabinkamtibmas, KPD Peternakan Way Bungur, Kades Taman Negri, serta Tim Vaksinator sebanyak 8 Orang. (Rilis/E)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum