Dandim 0411/KM Mengevaluasi Pencapaian Ketahanan Pangan Dengan Penanaman Bawang Merah

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Kota Metro-(HPN)- Kodim 0411/KM serius dalam hal perkuatan ketahanan pangan wilayah, ini terbukti saat Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md. memimpin rapat perwira, Dandim mengevaluasi pencapaian upaya dalam rangka ketahanan pangan bertempat di ruang rapat Makodim 0411/KM, Jalan Veteran Bd 22 Kelurahan Hadimulyo Barat,Kota Metro, Selasa (04/04/23).

Didepan Kasdim 0411/KM Mayor Inf Bagus Setiawan,S.Sos., Pabung Mayor Inf Agus Waluyo dan para Perwira Staf serta Danramil Jajaran, Dandim 0411/KM mengatakan, “Dalam rangka ketahanan pangan, Kodim 0411/KM telah melakukan upaya-upaya perkuatan ketahanan pangan, salah satunya adalah kita sudah melaksanakan penanaman bawang merah di tanah kodim Jalan Terminal Betan Subing Kampung Terbanggi Besar Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lamteng pada awal bulan Februari 2023 yang lalu,” ucap Dandim.

“Kegiatan tersebut melibatkan personel kodim dan masyarakat sipil serta pendukung, bahkan Persit KCK juga berbaur bersama pendamping ahli Wanto yang saat itu dibantu oleh Kelompok Tani Ngudi Makmur Kota Metro,” lanjutnya.

Baca Juga :  Kepala Dinas Kesehatan Metro Dukung Program Studi Kedokteran Dan Profesi Dokter di Universitas Muhammadiyah Metro

“Kita ketahui bersama bahwasannya bawang merah merupakan salah satu bahan pokok yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan juga bisa menjadi tolok ukur kestabilan perputaran ekonomi bagi pemerintah daerah setempat dalam hal ini di Kabupaten Lampung Tengah,” papar Dandim.

Untuk diketahui, program tanam bawang merah ini dilaksanakan dengan tujuan untuk ketahanan pangan wilayah dan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Adapun jenis bawang merah yang ditanam adalah Bawang Merah Brebes Varietas Bima yang memiliki keunggulan lebih besar dan bentuknya cenderung lonjong, dan kita berdaya gunakan di lahan kodim di Jalan Terminal Betan Subing Kampung Terbanggi Besar Lamteng seluas 7.800 meter,” ungkapnya.

Sementara itu, setelah berumur sekitar 55-60 hari, kita semua bisa memanen bawang merah seluas 3/4 Ha selama dua hari pada Sabtu (01/04/2023) dan Minggu (02/04/23) beberapa hari yang lalu,” ujarnya.

Hal itu diungkapkan oleh Dandim 0411/KM,kami berikan apresiasi Bupati Lamteng Hi. Musa Ahmad,S.Sos.,MM yang ikut terlibat panen bawang merah pada hari kedua, “Dengan didampingi Camat Terbanggi Besar Supriyadi, bapak Bupati melihat langsung kegiatan panen bawang merah hari kedua dan mengatakan bahwa panen kita sangat luar biasa, menghasilkan buah bawang merah yang berukuran jumbo atau besar,” lanjut Dandim.

Baca Juga :  Semarak Memperingati HUT TNI ke-78, Kodim 0411/KM Gelar Pagelaran Wayang Kulit

“Bupati menaruh harapan besar, kegiatan kita tersebut bisa menjadi terobosan baru bagi para petani bawang di kabupaten Lamteng dan juga bisa dijadikan contoh untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kedepannya,” tambah Dandim.

Terakhir Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md. memberikan beberapa evaluasi untuk memperbaiki kinerja kedepannya,”Kita ketahui bersama, dalam uji coba tanam perdana ini, kita masih terkendala dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi, sehingga sasaran kwantitatif belum bisa tercapai dengan maksimal,”tuturnya.

Namun kita semua harus tetap semangat, karena dalam hal kualitatif hasil panen kita cukup memuaskan, itu yang menjadi alasan bagi bapak Bupati Lampung Tengah dalam memberikan pujiannya atas upaya yang sudah kita kerjakan,” pungkasnya. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum