Papan Nama Pembangunan Irigasi P3-TGAI di Desa Tegal Gondo Tidak Terpasang

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Desa Tegal Gondo, Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur, telah mendapatkan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dari Balai Besar Wilayah Provinsi Lampung.

Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dilaksanakan secara padat karya melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam rehabilitasi jaringan irigasi, peningkatan jaringan irigasi, dan/atau pembangunan jaringan irigasi secara partisipatif, terencana dan sistematis untuk meningkatkan kinerja pengelolaan jaringan irigasi khususnya irigasi tersier.

Pasalnya, papan nama Rab anggaran pembangunan irigasi P3-TGAI di desa tegal gondo tidak terpasang dan pengerjaan pembuatan peping blok dengan manual, tidak menggunakan alat molen.

Saat dikonfirmasi oleh awak media halopaginews.com Wandi selaku pekerja kuli mengatakan pengerjaan pencetakan peping blok yang diameter ukuran ketebelan nya 8 cm, panjang tinggi 67cm, lebar 50 cm ini dinding, karena ada dua macam untuk lantai nya juga beda dengan ukuran panjang 47cm, lebar 40 cm dan ketebalan 8cm , “ucapnya Wandi. Hari Rabu (31/5/23).

Baca Juga :  Kepala Disdikbud Lamtim, Tinjau 10 Sekolah Dasar Yang Terdampak Angin Puting Beliung

Untuk pembuatan peping blok nya dengan ukuran adukan bahan semen 1 sak, 2 arko batu split, 3 pasir arko, dan menggunakan 1 cairan pengeras, tidak menggunakan alat molen, dengan manual saja, “paparnya.

Selain itu, bekerja disini ada 30 orang pekerja, dari 26 kuli tukang 4 orang, “Terkait upah harian tukang sekitar Rp.100ribu, kalau untuk upah kuli hariannya di bayar Rp.80ribu, “katanya.

Untuk lokasi pembangunan irigasi dengan ukuran luas panjang hampir 1 kilo meter, di wilayah dekat sini aja, kalau hitungan dalam 1 kilo meternya, membutuhkan 5000 keping peping blok, “terangnya.

Sementara ini, kami masih dalam pembuatan pencetakan peping blok dulu, kalau langsung di pasang takutnya patah ancur peping blok, dikarenakan keadaan masih basah belum kering, maka dari itu kami belum berani memasang peping blok nya, “jelasnya.

Baca Juga :  Polres Lamtim Gelar Konferensi Pers Ungkap Kasus Curas Dalam Sepekan

Proyek irigasi ini bantuan dari balai provinsi lampung, kalau nilai anggaran pembangunan irigasi ini saya kurang tau, tanya langsung saja sama ketua P3A nya supono, “cetusnya.

Papan nama Rab pembangunan saya gak tau, karena  yang memasang papan nama anggaran itu dari balai pengairan Provinsi Lampung, tau dipasang  dimana, karena belum di pasang mas, ” jelasnya.

“Kalau menurut saya, pembangunan irigasi ini ada desa saya sendiri, yaa harus bagus berkualitas, karena yang memakai aliran air irigasi ini untuk masyarakat sini, “pungkasnya.

Hingga berita ini di terbitkan, saat awak media menemui Ketua P3A Desa Tegal Gondo, tidak ada di tempat, terkesan menghindari wartawan, Tunggu berita selanjutnya. (EW)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum