Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Kodim 0429/Lamtim Berlangsung Khidmat

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Komandan Kodim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH, bertempat di Lapangan Apel Makodim, Jl.. Soekarno-Hatta, Desa Mataram Marga, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur, Sabtu (28/10/2023).

Upacara yang mengambil tema “Bersama Majukan Indonesia” turut dihadiri oleh Perwira Staf, Danramil jajaran personil Bintara dan Tamtama serta PNS Kodim 0429/Lamtim.

Diketahui, 95 tahun silam, tepat 28 Oktober 1928, para pemuda Indonesia menyatakan sumpahnya. Sumpah yang terdiri dari rasa kecintaan, kebangsaan dan kebahasaan.

Dandim selaku Inspektur Upacara menyampaikan pidato dari Menpora, bahwa momentum Peringatan Hari Sumpah Pemuda mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme.

Baca Juga :  Hadiri Deklarasi Kampanye Pemilu Damai, Dandim: Mari Ciptakan Situasi Lamtim Kondusif

“Sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan, yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia,” ujarnya.

Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Lebih lanjut Dandim mengatakan, “Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda-pemudi generasi muda Indonesia hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama. Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional”. pungkasnya.

Usai Upacara dilanjutkan dengan kegiatan jam komandan, Dandim berpesan menghadapi tahun politik seluruh Prajurit dan PNS Kodim 0429/Lamtim bijak dalam bermedsos.

Baca Juga :  Bupati Lamtim Sosialisasi Pencegahan Perundungan Sekolah di Satuan Pendidikan
Foto, Kodim 0429/Lamtim
Foto, Kodim 0429/Lamtim

“Kalau dulu mulutmu adalah harimaumu, dengan berkembangnya era teknologi dan digitalisasi sekarang berubah menjadi jempolmu adalah harimaumu. Artinya seluruh prajurit harus bisa memilah dan memilih serta membiasakan saring sebelum sharing terlebih menghadapi tahun politik seperti saat ini”, pesannya.

Tak hanya menekankan bijak dalam ber medsos, Pria Alumni Akmil 2002 ini juga menekankan Prajurit dan PNS Kodim 0429/Lamtim menjaga Netralitas TNI.

“Saya sampaikan kepada seluruh Prajurit dan PNS untuk netral, tidak memihak satu paslon baik itu dalam kontestan Pemilu maupun Pilkades serentak di Kabupaten Lampung Timur”, tegasnya. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum