Raden Adipati Surya Jumpa Tani di Kampung Tanjung Rejo

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Waykanan (HPN) – Kampung Tanjung Rejo, Kecamatan Negeri Agung menggelar acara silaturahmi sekaligus Rembuk Tani. Rabu (15/01/2020).

Pada kesempatan tersebut, Bupati Waykanan Raden Adipati Surya mengawali sambutan dengan menggunakan bahasa Lampung Waykanan, sesuai dengan Surat Edaran Bupati Waykanan Nomor: 060/59/1-II/WK/2017 tanggal 25 April 2017 tentang Ketentuan Pengunaan Bahasa Lampung Waykanan setiap hari Rabu, sebagai bentuk pelestarian Bahasa Daerah.

“Bapak-bapak, ibu-ibu yang saya hormati, sungguh menjadi suatu kebanggaan bagi saya pribadi, bisa hadir ditengah-tengah para petani di Kampung Tanjung Rejo, Kecamatan Negeri Agung pada hari ini. Kunjungan-kunjungan hingga ke Kampung-kampung merupakan bentuk kecintaan saya terhadap masyarakat. Banyak hal yang bisa saya dapatkan dari kunjungan ini, bisa melihat secara langsung keadaan masyarakat Waykanan. Tentu tidak cukup duduk di meja hanya menerima laporan dari bawahan saja. Melalui silaturahmi dan Rembuk Tani seperti ini, saya dapat langsung melihat permasalahan-permasalahan masyarakat dan melakukan langkah terbaik untuk mengatasi permasalahan tersebut.” ujar Bupati berbahasa Daerah Lampung Waykanan.

Lanjutnya, adapun program pembangunan yang telah dilakukan selama ini telah sesuai Visi dari Waykanan Maju dan Berdaya Saing. Baik itu dalam bidang pembangunan, maupun bidang infrastruktur Jalan, Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Perkebunan, dan UMKM, tentunya keberhasilan dalam melaksanakan pembangunan terbukti pada tahun 2018 lebih dari dari 23 penghargaan yang sudah di raih.

Baca Juga :  Padly Huzairi Jabat Pj Kepala Kampung Lembasung

Selanjutnya pada tahun 2019, kembali melahirkan beberapa program unggulan yang yang dilaksanakan juga meraih sejumlah penghargaan. Keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari dukungan masyarakat Kepada Pemerintah Kabupaten Waykanan, diantaranya:
Bandara Gatot Subroto yang telah diresmikan oleh Menteri Perhubungan RI pada tanggal 06 April 2019 yang lalu, Pengelolaan Kebersihan dan Lingkungan Perkotaan, sehingga mendapatkab apresiasi dengan penghargaan berupa Adipura Kategori Kota Kecil, yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI pada tanggal 14 Januari 2019.

Tak hanya itu, keberhasilan daerah yang telah 100% Stop Buang Air Besar (BAB) sembarangan, yang di ditandai dengan deklarasi Open Defection Free (ODF) Kabupaten Waykanan, sekaligius menyerahkan Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada 22 Maret 2019. Adapula empat (4) Pengembangan Kopi Robusta Putri Malu mulai menggeliat dan terus ditingkatkan dengan bekerjasama dengan berbagai pihak antara lain Bank Indonesia.
Menerima WTP untuk ke-9 kalinya.
Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tingkat Pratama yang diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia di Kota Makasar Sulawesi Selatan pada tanggal 23 Juli 2019 lalu.
Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) berkelanjutan, diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan kepada Bupati Waykanan, bertempat di Auditorium Swabessy gedung Prof. Sujudi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Jakarta, tertanggal 2 Oktober 2019.

Baca Juga :  Serah Terima Jabatan Camat Kasui

“Bapak, Ibu yang saya hormati,
Selain pembangunan sesuai dengan visi dan misi, Pemerintah Kabupaten Waykanan juga memperhatikan terhadap pembangunan pada sektor keagamaan sebagai upaya pembentukan akhlakul karimah atau akhlak mulia. Memberikan insentif pada guru ngaji, melaksanakan MTQ baik itu tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten.
Dari sisi pendidikan upaya peningkatan kualitas SDM ini dilakukan dengan terus mendorong peningkatan rata-rata lama sekolah. Selain itu juga mencanangkan gerakan Way Kanan Mengaji terutama untuk siswa sekolah menengah. Kami juga memberikan perhatian serius dibidang kehidupan dan pendidikan keagamaan baik melalui mekanisme hibah maupun bantuan sosial.” terangnya.

“Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya dan Wakil Bupati Waykanan Edward Antony, memohon doa supaya kami diberi kesehatan dan panjang umur sehingga dapat memimpin Pemerintahan dan melaksanakan pembangunan yang manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Waykanan.
Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga Allah SWT-Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa meridhoi usaha dan perjuangan kita semua. Aamiin.” tutup Bupati mengakhiri sambutan. (Zainal)

Dilaporkan oleh : Redaksi Halopaginews