Walikota Metro Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

| ๐•ฟ๐–Š๐–—๐–Ž๐–’๐–†๐–๐–†๐–˜๐–Ž๐– ๐•ต๐–†๐–‰๐–Ž ๐•ป๐–Š๐–’๐–‡๐–†๐–ˆ๐–† ๐•พ๐–Š๐–™๐–Ž๐–†.

Klik Gambar

Kota Metro-(HPN)- Untuk memperingati hari sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, Pemerintah Kota Metro adakan Upacara Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023 dimeriahkan dengan Tampilan Fashion Show Busana Adat Tradisional Indonesia.

Dari para Purna Paskibraka Kota Metro yang berlangsung di Lapangan Samber Park Kota Metro, Sabtu (28/10/2023).

Upacara yang mengusung tema โ€œBersama Majukan Indonesiaโ€ dipimpin langsung oleh Wali Kota Metro tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota, DPRD, TNI, Polri, Forkopimda Kota Metro dan Seluruh ASN dilingkungan Pemerintah Kota Metro.

Dalam sambutan Menteri Pemuda Dan Olah Raga RI Ario Bimo Nandito Ariotedjo yang dibacakan oleh Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin mengatakan bahwa Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 yang bertemakan Bersama Majukan Indonesia tersebut bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna โ€“ warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya, dimana Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.

Foto, Walikota Metro Dr Wahdi Siradjuddin
Foto, Walikota Metro Dr Wahdi Siradjuddin

โ€œPemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda pemudi generasi muda Indonesia hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama,โ€ujarnya.

Baca Juga :  Kepala Disporapar Metro, Optimis Hadirnya SSB Milenials MBS Komet FC Bisa Berprestasi

Menurutnya, Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional.

โ€œOleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi dan misi serta peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat,โ€tuturnya.

Wahdi juga menuturkan bahwa strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong-royong lintas sektor.

Selain itu, kerja kolaboratif juga di nilai sesuai dengan amanah undang-undang no. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan juga sesuai dengan Perpres No. 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan agar implementasi koordinasi lintas sektor tersebut efektif menuju pencapaian Indeks Pembangunan Pemuda(IPP).

Foto, Forkopimda
Foto, Forkopimda

โ€œMaka pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, kita harus canangkan kebulatan tekad semua stakeholder baik Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten Kota,Organisasi Kepemudaan, Komunitas serta elemen-elemen lain,โ€pinta Wahdi.

Baca Juga :  Ketua DPW dan DPD GML Metro Berikan Kursi Roda dan Santunan

Sementara itu, Wali Kota Metro berharap anak-anak muda sebagai investasi besar sumber daya manusia dan seluruh masyarakat Kota Metro dapat mendukung terwujudnya Kota Metro pada Tahun 2045 menjadi Gemerlang (Generasi Emas Metro Cemerlang).

โ€œMudah-mudahan anak-anak muda kita menjadi anak-anak yang sehat, kuat, semangat dan berbudi pekerti yang baik untuk membangun Indonesia tercinta,โ€ucapnya.

Tak hanya itu, Wahdi juga menyampai apresiasinya pada saat meninjau SD Negeri 1 Metro Pusat karena sudah membangkitkan kembali nilai-nilai nasionalisme dan perbedaan dinamika kepada anak-anak.

โ€œAdanya suatu perbedaan seragam dan perbedaan bahasa merupakan hal yang biasa, yang terpenting itu adalah dapat menjaga akhlak,โ€ tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Metro memberikan penghargaan dan hadiah kepada 3 Pemuda Pelopor Kota Metro Tahun 2023 yaitu Baskoro Wicaksono, Irfan Amanda Putra, dan Sri Diva Azizah Rahmadiyanti sebagai Pemuda Pelopor Tingkat Kota Tahun 2023.ย  (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum