Peringatan HKN ke-59 di Puskesmas Ganjar Agung Pemeriksaan Ibu Hamil Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Kota Metro-(HPN)- Wali Kota Metro dr. H. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG (K), M.H beserta Jajaran meninjau kegiatan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan USG, dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke -59 Tahun 2023 yang berlangsung di Puskesmas Ganjar Agung pada Jum’at (10/11/2023).

Dalam kesempatannya, Walikota Metro dr. H. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG (K), M.H menyampaikan, dalam rangka rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN), Pemerintah Kota Metro melalui Puskesmas Ganjar Agung melakukan pelayanan kepada masyarakat pemeriksaan kehamilan berkualitas terintegrasi ultrasonografi (USG) dan pelayanan dokumentasi Inspeksi Visual Asam Asestat (IVA) dalam pencegahan kanker leher rahim.

“Alhamdulilah di Kota Metro kanker leher rahim sudah di kenalkan DoIVA (Dokumentasi Inspeksi Visual Asam asetat). DoIVA itu adalah karya saya yang sudah dikenalkan secara nasional. Dan saat ini sudah bisa kita lihat terjadi penurunan angka kanker leher rahim,” ucapnya.

Baca Juga :  Walikota Metro didampingi Dandim 0411/KM Hadir Penurunan Bendera Merah Putih HUT RI ke-76 Secara Virtual

Selanjutnya, Wahdi juga mengajak untuk bersama – sama membentuk ekosistem bukan egosistem, pelayanan masyarakat dalam bidang kesehatan bukan tanggungjawab orang kesehatan, tapi tanggungjawab kita semua termasuk temen – temen media memberikan informasi kepada pemerintah dalam hal kesehatan.

Ia juga menegaskan bahwa selalu mengutamakan fasilitas, sebagai ujung tombak mulai dari kelurahan, kemudian pelayanan kepada masyarakat melalui puskesmas kesehatan.

Foto, Kepala Dinas Kesehatan Metro dan Dr. Danang
Foto, Kepala Dinas Kesehatan Metro dan Dr. Danang

Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Dr. Eko Hendro Saputra, ST.,M.Kes juga menyampaikan dalam rangka deteksi dini kanker leher rahim, maka dengan itu dilakukan pemeriksaan deteksi secara dini kanker leher rahim pada ibu – ibu.

“Semenjak ada DoIVa jumlah penderita sudah menurun. Untuk ibu – ibu hamil harus rajin untuk periksa kesehatan ke puskesmas, seperti kontrol kesehatan ke puskesmas. Karena deteksi dini penyakit sangat penting, terlebih kepada ibu hamil. Jangan sampe penyakitnya sudah terjadi baru kita sembuhkan,” katanya.

Baca Juga :  PT ASABRI Persero, Melakukan Sosialisasi Program Asabri di Kodim 0411/KM

dr. Danang Sp.OG Spesialis Kandungan, mengatakan biasanya kanker leher rahim di akibatkan oleh infeksi menular seksual.

“Yang paling sering kasusnya terjadi pada wanita dimulai pada usia muda. Kalo pada wanita yang sudah masuk usia subur dan sudah melakukan hubungan seksual, harus di lakukan DoIVA. Kabar baiknya, saat ini di Puskesmas sudah bisa di lakukan pemeriksaan DoIVA,” terangnya.

Lebih lanjutnya, dr. Danang Sp.OG juga menjelaskan gejala kanker leher rahim berupa keputihan, pendaran di luar haid dan nyeri perut merupakan salah satu gejalannya. Jadi jika ada gejala – gejala menuju infeksi atau kanker seperti itu, segera lakukan pemeriksaan,” pungkasnya.  (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum