Kasat Binmas Polres Lamtim Hadiri Peresmian TPA Nasyrul Barokah Dengan Bersholawat Bersama

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-Halopaginews.com- Jelang menyambut bulan suci ramadhan 1445 H, Aiptu Bambang Irawan Kanit Binmas Polsek Way Bungur,Polres Lampung Timur,Polda Lampung, meresmikan Taman Pendidikan Agama Islam (TPA) Nasyrul Barokah dengan bersholawat bersama.

Hal itu disampaikan oleh Aiptu Bambang Irawan Kanit Binmas Polsek Way Bungur, “Awal mulanya pendirian TPA Nasyrul Barokah itu keinginan dari kami sendiri, agar supaya anak-anak kami bisa mengaji membaca alquran belajar sholat dengan baik, “ujarnya Bambang.

Kami meminta kepada seseorang salah satu guru ngaji datang ke rumah untuk memberikan pembelajaran cara membaca Alquran dan tata cara beribadah sholat lima waktu kepada anak-anak kami dengan baik. Selain itu, kami juga mengajak anak saudara untuk turut ikut belajar membaca alquran di rumah kami,

Setelah demi tahap proses belajar mengajar di lingkungan tempat tinggal kami di RT 01/RW01 Dusun I, Desa Taman Endah Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur.

Kemudian kami bersama-sama mendirikan sebuah TPA yang kegiatannya belajar mengajarnya yang dibimbing oleh Ustad Dedi.

Seiringnya berjalannya waktu terjadilah permasalahan internal di urusan rumah tangga keluarganya Ustad Dedi. Sehingga Ustad Dedi mengundurkan diri untuk menjadi tenaga pengajar untuk anak-anak kami, “ungkapnya Kanit Binmas Polsek Way Bungur. Kepada media ini, Sabtu (9/3/24).

Baca Juga :  Gunakan Narkoba, Seorang Pemuda Di Lampung Timur Di Tangkap Polisi
Foto, Santri-santriwati dan para jamaah
Foto, Santri-santriwati dan para jamaah

Selanjutnya, para wali santri bermusyawarah meminta mengusulkan untuk proses belajar mengajar mengajinya di tempat kami. Karena tempat dengan seadanya maka kami juga tidak keberatan.

Taman Pendidikan Agama (TPA) Nasyrul Barokah berdiri dari sejak tahun 2018 hingga sampai saat ini 09 Maret 2024. Dengan jumlah murid santri yang ikut belajar ada 53 santri dan 3 santri yatim, 2 santri fakir miskin, “kata Kanit Binmas.

Namun pada saat ini proses tahap belajarnya di rumah kami itu, hanya dengan menempati sebuah ruangan garasi mobil yang berukuran 4x 6 meter tepatnya berada dibelakang rumah.

“Karena kami belum memiliki tempat yang layak akan tetapi santri-santriwati tetap semangat belajar membaca alquran dan belajar sholat lima waktu. Untuk hari libur nya hanya pada hari minggu saja,”tambahnya.

Sementara ini, untuk tenaga pengajar kami meminta bantuan ke pengurus pondok pesantren Darul Barokah yaitu Gus H Muhammad al-asyrochie dari Desa Toto Projo Kecamatan Way Bungur, Kabupaten Lampung Timur yang berjarak kurang lebih 13 kilo meter dari rumah kami,”terangnya.

Selain itu, beliau juga menunjuk Ustad Gus As’ad Alwi Al Amkani dan Mukhlisin untuk membantu menjadi guru pengajar di TPA Nasyrul Barokah.

Sementara tentang program kegiatan belajar mengajar di TPA Nasyrul Barokah diantaranya:
1. Baca tulis Alquran
2. Wudhu dan sholat sunah dan wajib
3. Menghafal alquran surat-surat pendek
4. Pendidikan tata krama dan sopan santun
5. Kegiatan ekstra kurikulernya yaitu hadroh dan sholawat
6. Mengikuti kegiatan hari-hari besar Islam

Baca Juga :  Polres Lampung Timur Melaksanakan Upacara Kenaikan Pangkat Dalam Kondisi Hujan

Adapun operasional kegiatan untuk honor tenaga pengajar sebayak 2 orang ustad dan kegiatan hari-hari besar islam berasal dari iuran seikhlas nya dari wali santri.

Sedangkan santri yatim dan fakir miskin tidak memberikan iuran dan sebagian di biayai oleh Aiptu Bambang Irawan menyisihkan uang gaji sebagai anggota polisi yang berdinas di Polsek Way Bungur, Polres Lampung Timur, Polda Lampung.

Ketahui hadir dalam acara tersebut
Gus H Muhamad Fuad al asy rochie,
Kasat Binmas Polres Lampung Timur Akp Suryadinata,SH.Kanit Binmas Polsek way bungur Aiptu Bambang Irawan, Kanit Intel Polsek purbolinggo Aipda Sigit Muga A,
Bhabinkamtibmas Ds Taman Endah Aipda Agus Wtn, Kanit Propam Polsek Purbolinggo
Aipda Budi Waluyo, Bhabinkamtibmas
Bripka Hendrik S S.ip, Bhabinkamtibmas
Bripka Ria Sugara, Kepala Desa Taman Endah
Basir, Tokoh agama desa Taman Endah Kamran, Tokoh adat tokoh masyarakat
Hadir dalam giat tersebut jamaah kurang lebih 500 orang. (EW)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum