Sinergitas Kodim 0411/KM Dengan Polri Dan Warga Membersihkan Sampah

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Kota Metro-(HPN)- Dengan mengusung tema TNI Manunggal Menjaga Kebersihan Lingkungan, Anggota Kodim 0411/KM bersinergis bersama Polri dan Pemerintah Daerah serta warga masyarakat melaksanakan Karya Bakti TNI Kodim 0411/KM berupa pembersihan selokan/parit jalan, pembersihan bantaran sungai, pembersihan tumpukan sampah yang berada dekat pemukiman dan penanaman pohon bertempat di Kampung Mekarsari Kelurahan Hadimulyo Timur Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro. Senin (04/12/2023)

Karya bakti pembersihan parit dan bantaran Sungai Bunut serta penanaman pohon jenis Mahoni, Karet dan Akasia serta pembersihan tumpukan sampah tersebut diikuti oleh kurang lebih sekitar 150 orang, dipimpin langsung oleh Dandim 0411/KM Letkol Arh Rendra Febrandari Suparman,S.I.P. yang diwakili Pabung Mayor Inf Agus Waluyo dengan dihadiri Pasi Ter Lettu Arh Rahmat M., Danramil 411-01/Metro Lettu Inf Rudiyanto, Waka Polsek Metro Pusat IPDA Wastono, Camat Metro Pusat diwakili Kasi Pemerintahan Made Subanda, Seklur Hadimulyo Timur Ardi Irphan dan Bhabinkamtibmas Polsek Metro Pusat.

Salah satu sasaran dari kegiatan tersebut adalah sebagai upaya dalam mengantisipasi terjadinya luapan air maupun ancaman banjir yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi, mengingat musim penghujan belakangan ini sangat tinggi intensitasnya serta memutus mata rantai perkembangbiakan jentik-jentik nyamuk.

Baca Juga :  Jum'at Berkah, LSM MAJAS Metro Gelar Bakti Sosial

Selain itu, kebersamaan tersebut dimaksudkan juga sebagai sarana membangun kesadaran untuk bersama-sama aktif menjaga kebersihan parit jalan lingkungan dan bantaran aliran sungai agar menjadi lebih lancar dan bersih.

Pada kesempatan tersebut, Pabung Mayor Inf Agus Waluyo saat ditemui di lokasi Karya Bakti menyampaikan bahwa kegiatan kemanunggalan TNI-Rakyat bersinergi bersama Unsur Pemerintah Daerah dan Polri sudah sering dilakukan oleh Kodim 0411/KM maupun Koramil-koramil jajaran, tetapi pada kegiatan hari ini difokuskan pada pembersihan parit jalan area pemukiman dan bantaran aliran sungai serta penanaman pohon karena sudah memasuki musim penghujan. Mencegah lebih baik kita lakukan daripada mengatasi.

Makanya kami juga mengajak masyarakat Pemukiman Mekarsari Kelurahan Hadimulyo Timur untuk bersama-sama melaksanakan pembersihan parit dan tumpukan sampah yang menggunung juga menjaga kebersihan aliran sungai serta penanaman pohon sebagai upaya untuk mencegah terjadinya banjir karena intensitas hujan yang sudah mulai sering terjadi.” jelasnya.

Habibi selaku warga Pemukiman Mekarsari Kelurahan Hadimulyo Timur menuturkan dirinya sangat senang dan bersemangat manakala di area pemukimannya dilaksanakan gotong-royong pembersihan parit, bantaran sungai dan penanaman pohon serta pembersihan sampah yang menumpuk.

Baca Juga :  Jalin Silaturahmi!! Kapolres Metro AKBP Yuni Iswandari Yuyun,S.IK,MH ,ke Makodim 0411/KM

“Saya tidak menyangka sama sekali bahwa bapak-bapak TNI, Polri dan juga dari Kecamatan serta Kelurahan sudi berkotor-kotor dalam kegiatan pembersihan parit dan sampah yang menumpuk serta pembersihan bantaran sungai di lingkungan kami,” ucapnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan Bakti TNI Kodim 0411/KM ini lingkungan kami tidak mengalami kebanjiran lagi,” pungkasnya.

Sementara itu Seklur Hadimulyo Timur Ardi Irphan mengatakan, “Kami sangat berterima kasih atas kepedulian bapak-bapak TNI dari Kodim 0411/KM khususnya, juga bapak-bapak dari Kecamatan dan Polsek Metro Pusat yang sudah meluangkan waktunya untuk bersama-sama berbaur dengan masyarakat.

“Kami melaksanakan kegiatan gotong-royong dalam bingkai Karya Bakti TNI yakni pembersihan parit jalan lingkungan pemukiman, pembersihan bantaran sungai dan sampah yang menumpuk juga penanaman pohon di wilayah rawan banjir di wilayah kami,” ujarnya.

“Dengan diadakannya kegiatan Karya Bakti ini kami semua berharap, jentik-jentik nyamuk yang biasanya ada di parit dan dikubangan air pada tumpukan sampah bisa hilang, terlebih lagi dengan adanya curah hujan di musin penghujan ini, tidak lagi menyebabkan banjir yang selalu menghantui warga kami,” pungkasnya. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum