Dinas Kesehatan Pesisir Barat Catat Ada Puluhan Warga Mengalami PMS Seperti HIV, Hepatitis B, Dan Sifilis

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Pesisir Barat-(HPN)- Dinas Kesehatan Pesisir Barat mencatat ada puluhan warga yang mengalami Penyakit Menular Seksual (PMS), seperti HIV, hepatitis B, dan sifilis.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pesisir Barat, Lisma Yunita, mengatakan terdapat puluhan orang termasuk ibu hamil yang mengalami PMS.

Ibu hamil dengan HBsAg Reaktif (terkena virus hepatitis B dan dapat menularkannya kepada orang lain melalui paparan darah atau cairan tubuh) ada 53 orang. ODHIV ada 23 orang, dan sifilis empat orang,” kata Lisma, kepada media, Kamis, 14 Desember 2023.

Baca Juga :  Pemkab Pesibar Dapat Arahan Mendagri Lewat Conference

Penyebaran penyakit itu harus dicegah dan diobati dengan langkah skrining pada kelompok orang beresiko, seperti ibu hamil, pasien TBC, dan kelompok khusus.

Selanjutnya memberikan vaksinasi HBIg pada bayi yang lahir dari ibu dengan HBsAg Reaktif. Memberikan pengobatan kepada pasien sifilis dan ODHIV agar harapan hidup dapat meningkat.

Pihaknya juga memberikan edukasi kepada para ibu hamil dengan HBsAg Reaktif untuk rutin memantau dan mengobati serta konsultasi ke dokter spesialis.

Baca Juga :  Bupati Pesibar Pimpin Rapat Penanganan Covid-19

“Kami juga memberikan sosialisasi penyuluhan kepada masyarakat tentang penyakit infeksi menular seksual di Puskesmas-Puskesmas,” ujar dia.

Penularan penyakit itu paling rentan menyasar ibu rumah tangga dan anak-anak. “Untuk itu, perlindungan terbaik untuk setia pada pasangan dan hindari perilaku seks berisiko,” kata dia. (**)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum