Sambut HJK ke-78, Kodim 0429/Lamtim Gelar Upacara Ziarah Rombongan

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Upacara Ziarah Rombongan dalam rangka Hari Juang TNI AD ke-78 yang di gelar Kodim 0429/Lamtim berlangsung di Taman Makam Pahlawan Darma Nusantara, Desa Negara Nabung, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur, Kamis (14/12/2023).

Kegiatan Upacara Ziarah Rombongan ini merupakan rangkaian kegiatan Kodim 0429/Lamtim memperingati HJK ke-78 tahun 2023 yang mengambil tema “TNI Angkatan Darat Maju Bersama Rakyat.

Hari Juang Kartika (HJK) terlahir dari peristiwa heroik para pendahulu TNI AD bersama-sama rakyat bertempur mempertahankan wilayah Ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945. Peristiwa inilah yang akhirnya dijadikan momentum HUT TNI AD.

Baca Juga :  Dandim 0429/Lamtim Berikan Ucapan Kepada Anggota Paskibraka

Upacara ziarah rombongan yang berlangsung dengan tertib dan khidmat, diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan oleh segenap peserta upacara yang dipimpin langsung oleh Mayor Inf. Jumingan selaku pimpinan.

Dalam keterangannya Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH mengatakan, bahwa kegiatan ziarah ini merupakan agenda rutin dalam rangka memperingati HJK ke-78. Selain itu juga untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.

β€œMelalui kegiatan ziarah ini juga, kita mengajak kepada generasi penerus untuk meneladani semangat rela berkorban yang telah ditunjukkan oleh para pahlawan. Kita harus memiliki rasa patriotisme dan nasionalisme yang tinggi seperti mereka untuk bersama-sama membangun negara ini,”ucapnya.

Baca Juga :  Babinsa Koramil Sekampung Bersama Warga Timbun Jalan Berlubang

Masih dikatakannya,”Ziarah ini mempunyai makna yang mendalam, bahwa kemerdekaan ini sangatlah mahal harganya dan tidak ternilai serta dapat dijadikan sebagai sarana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa”, pungkas Dandim.

Dalam Ziarah tersebut dilakukan prosesi penghormatan dan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan. Serta tabur bunga ke makam Pahlawan yang pelaksanaannya didahului oleh pimpinan rombongan dan diikuti seluruh anggota dan Persit yang turut hadir dalam ziarah rombongan. (*/red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum