Sekda Metro Ir.Bangkit Haryo Utomo, Mengapresiasi Festival Kaum Muda Metro Mengeksplorasi Industri Seni

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Kota Metro-(HPN)- Perkembangan seni dan budaya adalah pondasi penting dalam pembangunan suatu kota. Melalui festival ini, kita dapat mengapresiasi, mempromosikan, dan mendorong pertumbuhan industri seni lokal, serta memberi kesempatan pada kaum muda untuk mengeksplorasi ekspresi diri,” kata Sekda Metro, Ir. Bangkit Haryo Utomo.

Hal ini disampaikan saat membuka acar Festival Kaum Muda Kota Metro oleh Dewan Kesenian Metro (DKM) tahun 2023 yang berlangsung di panggung terbuka Gedung Nuwo Budayo Metro, Sabtu (30/12/2023) malam.

Sekda juga mengatakan bahwa Festival ini merupakan ajang penting yang memperlihatkan bakat dan kreativitas generasi muda di bidang seni. Terlebih lagi, festival ini memberikan ruang antara seniman muda, pelaku industri seni, dan masyarakat, sehingga memperkuat sinergi di antara mereka.

β€œDalam konteks ini, pemerintah setempat senantiasa mendukung dan mendorong partisipasi aktif dari para pemuda, agar mereka dapat berkontribusi nyata dalam menentukan arah seni dan budaya kota Metro,” Katanya.

Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Melalui festival ini, kita dapat menyaksikan beragam bentuk seni, seperti tari, musik, dan seni rupa. Karya-karya tersebut akan mencerminkan keunikan, kekayaan, dan identitas budaya kita sebagai masyarakat Metro. Kita akan menyaksikan ekspresi kreatif, inovasi, dan daya imajinasi para seniman muda kita, yang menjadi kekuatan pendorong perkembangan seni di kota ini,” Tambahnya.

Baca Juga :  Gladi Bersih Dalam Rangka Pengukuhan Pengurus MPAL Lampung Timur

Bangkit juga berharap agar gedung Nuwo Budayo ini dapat kembali di kiprahnya sebagai gedung seni yang dapat melahirkan talenta talenta baru bagi generasi muda, sehingga para generasi muda tak lupa akan kekayaan budaya yang telah di wariskan.

β€œFestival Seni Kaum Muda Tahun 2023 ini akan menjadi wadah untuk menyemai benih talenta baru, memberikan pengalaman berharga bagi para seniman muda, serta memberikan manfaat positif bagi kota Metro. Mari kita jadikan festival ini sebagai momentum memperkokoh hubungan antar generasi, memperluas cakrawala seni, dan meningkatkan kebanggaan akan kekayaan budaya yang kita miliki,” Katanya.

Di kesempatan yang sama Ketua Dewan Kesenian Kota Metro, Solihin mengatakan Kota Metro dikenal sebagai pusat kegiatan seni yang kaya dan beragam, sebuah tempat di mana kreativitas berpadu dengan nilai-nilai budaya yang kaya dan tradisi yang kuat.

Baca Juga :  GML Metro Berbagi Jum'at Berkah Ke Guru-Guru Ngaji di 4 Kelurahan

β€œDalam perkembangan seni di Kota Metro, kita telah melihat pertumbuhan yang pesat dalam penciptaan karya-karya luar biasa oleh seniman lokal. Dewan Kesenian memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua seniman yang telah berkontribusi dalam memperkaya kehidupan kita dengan karya-karya mereka yang indah dan berharga,” Ujarnya.

Tak hanya itu ia juga mengatakan dalam menghadapi tantangan masa depan, Dewan Kesenian Kota Metro akan terus berupaya memperluas akses dan kesempatan bagi semua individu untuk terlibat dalam dunia seni.

β€œAkhir kata, mari kita terus membangun dan memperkaya dunia seni di Kota Metro. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Dewan Kesenian, para seniman, dan semua pihak yang telah mendukung dan menjaga keberlanjutan perkembangan seni di kota ini,” Tutupnya.Β  (*)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum