Dinas Kesehatan Metro Terapkan Aplikasi MEWS-OBSTETRI Jama-Pai Integrated

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Kota Metro-Halopaginews.com- Untuk menghadirkan generasi muda yang dianggap memiliki potensi dan kemampuan yang luar biasa, Pemerintah Kota Metro mengunakan teknologi sebagai pendukung yang telah mencangkup 6 pilar transformasi kesehatan guna mewujudkan Generasi Emas 2045.

Hal tersebut diwujudkan melalui Aplikasi Maternal Early Warning Score Obstetri Modifikasi Wahdi atau MEWS-OBSTETRI (mW) Integrated yang diciptakan oleh Wali Kota Metro, dr. Wahdi Siradjuddin,Sp.OG(K),M.H. sebagai wujud kecintaan putera daerah kepada Bumi Sai Wawai, Kota Metro, Lampung dalam mendukung kemajuan kesehatan dan transformasi digital di Kota Metro.

Dinas Kesehatan Kota Metro sebagai leading sektor dalam penerapan aplikasi MEWS-OBSTETRI (mW) Jama-Pai Integrated melakukan pendampingan kepada Tenaga Kesehatan yang ada di Puskesmas Banjarsari melalui Kolaborasi Subtansi Promosi Kesehatan dan PM dan Subtansi Kesga dan Gizi Dinas Kesehatan Kota Metro.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Dr. Eko Hendro Saputra,ST.,MKes melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Diah Meirawati, SKM.,MKes, bahwa Kegiatan Roadshow Sosialisasi Perdana Aplikasi MEWS-OBSTETRI (mW) Jama-Pai Integrated akan dilakukan ke seluruh Fasyankes yang ada di Kota Metro.

Baca Juga :  Wakil Ketua I DPRD Kota Metro, Pinta Pemkot Segera Bertindak Terkait Pohon Rawan Tumbang

Diah Meira menambahkan bahwa Aplikasi Maternal Early Warning Score Obstetri Modifikasi atau MEWS-OBSTETRI (mW) Jama Pai Integrated adalah aplikasi modifikasi terkini yang memiliki manfaat sebagai deteksi dini terhadap kegawatdaruratan kesehatan spesialisasi pada obstetri.

Foto, Dinas Kesehatan Metro, Lampung
Foto, Dinas Kesehatan Metro, Lampung

Sehingga dapat mencegah tiga keterlambatan yaitu terlambat mengenal bahaya, terlambat merujuk dan terlambat mendapatkan pertolongan cepat di tempat rujukan.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat memaparkan bahwa aplikasi MEWS-OBSTETRI (mW) tersebut juga telah masuk dalam 7 pilar Program Jama-Pai yang terbukti sukses membantu masyarakat dalam memberikan informasi dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang cepat dan mudah hanya dengan mendownload aplikasi melalui Google Playstore.

β€œAplikasi ini adalah tool untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian ibu – anak yang merupakan bagian dari 7 pilar Jama-Pai.

Baca Juga :  Mayjen TNI Ilyas Alamsyah, Kunjungan ke Lokasi Kegiatan Pengerjaan Sasaran TMMD

Masyarakat juga bisa mengunduhnya melalui aplikasi playstore, dan aplikasi ini adalah persembahan Kota Metro untuk dunia kesehatan Indonesia yang bebas untuk digunakan seluruh tenaga kesehatan di Indonesia (bagian dari e-PWS KIA),”ungkap Diah Meira.(11/1/24)

Sementara itu, Kepala Puskemas Banjarsari dr. Balkis dalam sambutanya mengaku senang dengan adanya kegiatan Roadshow Aplikasi MEWS-OBSTETRI (mW) Jama-Pai Integrated.

dr. Balkis berharap dengan adanya Roadshow Aplikasi MEWS-OBSTETRI (mW) Jama-Pai Integrated, tenaga kesehatan khususnya yang ada di Puskesmas Banjarsari akan semakin paham dengan fitur-fitur yang ada di Aplikasi MEWS-OBSTETRI (mW) Jama-Pai Integrated yang sangat bermanfaat untuk masyarakat.

Terutama, bagi ibu hamil yang ingin melakukan pemeriksaan skrining secara mandiri dan juga dapat memudahkan tenaga medis untuk melihat riwayat kesehatan ibu hamil selama masa kehamilannya. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum