Dandim 0429/Lamtim Pimpin Upacara Bendera Dan Apel Kesiapsiagaan Pemilu 2024

| ๐•ฟ๐–Š๐–—๐–Ž๐–’๐–†๐–๐–†๐–˜๐–Ž๐– ๐•ต๐–†๐–‰๐–Ž ๐•ป๐–Š๐–’๐–‡๐–†๐–ˆ๐–† ๐•พ๐–Š๐–™๐–Ž๐–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-Halopaginews.com- Upacara bendera bulanan dan Apel Kesiapsiagaan Pemilu 2024 berlangsung di Lapangan Apel Makodim, Jl. Soekarno-Hatta, Desa Mataram Marga, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur, Rabu (17/1/2024).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, S.H turut dihadiri oleh seluruh Perwira Staf, Danramil jajaran, Anggota Bintara dan Tamtama serta PNS Kodim.

Amanat Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si yang dibacakan Dandim pada kesempatan upacara bendera mengatakan, โ€œPada tahun 2024 ini kita mempunyai tantangan untuk mengawal dan menyukseskan pesta demokrasi dalam rangkaian Pilpres, Pilleg, dan Pemilukada.

Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004, TNI memiliki kewajiban untuk menjaga stabilitas nasional sehingga kita harus memastikan agar agenda politik nasional ini dapat berjalan dengan aman dan damaiโ€.ujarnya.

โ€œStabilitas keamanan nasional harus tetap terjaga sebelum, selama, dan setelah rangkaian pesta demokrasi tersebut. Netralitas TNI tetap harus kita junjung tinggi. Dalam hubungannya dengan institusi lain, optimalkan sinergitas TNI-Polri serta semua komponen bangsa lainnya dalam menjamin kondusivitas dan keamanan negaraโ€.

Baca Juga :  Turut Berduka Cita, Babinsa Koramil Sekampung Bantu Prosesi Pemakaman Warga

Panglima TNI juga memerintahkan kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI agar memegang teguh netralitas TNI.

โ€œSaya perintahkan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI untuk berpegang teguh pada pedoman netralitas TNI yang telah ditentukan. Jangan terpengaruh pada berbagai isu yang digulirkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab sehingga TNI menjadi korban adu domba dan dibenturkan dengan masyarakat maupun pihak-pihak lainnya,โ€ tegasnya.

Lanjutnya, โ€œSaya ingin menekankan bahwa segenap prajurit dan PNS TNI harus meneguhkan integritas dan menjaga citra institusi TNI di mata masyarakat. Hal itu dapat diimplementasikan melalui ketaatan pada aturan dan nilai-nilai etika, untuk membangun citra positif sebagai penjaga pertahanan negaraโ€.terangnya.

โ€œDengan semangat, disiplin dan dedikasi yang tinggi yang menjadi jati diri TNI, marilah bersama-sama mengukir prestasi gemilang untuk bangsa Indonesia. Jadilah prajurit TNI yang PRIMA (Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif) dengan memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI agar TNI senantiasa sebagai benteng pertahanan yang kokoh dan perekat keutuhan bangsa Indonesia,โ€ pungkas Panglima TNI dalam amanat tertulisnya.

Usai upacara kegiatan dilanjutkan dengan Apel Kesiapsiagaan Pemilu 2024 dan penyerahan motor baru. Pada kesempatan tersebut Dandim Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, S.H mengatakan, bantuan tersebut merupakan wujud perhatian dari negara melalui Kementerian Pertahanan RI.

Baca Juga :  Danramil 05/Sukadana dan Babinsa Dampingi Kunjungan Ketua Tim Penggerak PKK

“Selaku Dandim saya berharap dengan adanya motor-motor tersebut, tugas-tugas Kodim 0429/Lamtim terutama para Babinsa dapat dilaksanakan dengan baik, sekaligus untuk menambah nilai juang atau semangat para Babinsa dalam melayani masyarakat”,ujarnya.

Terkait pesta demokrasi Pemilu 2024, Dandim kembali menekankan kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodim 0429/Lamtim untuk mempedomani Netralitas TNI.

“Netral itu tidak memihak, tidak mendukung, tidak memberikan fasilitas salah satu Paslon serta tidak terlibat dalam politik praktis termasuk memberikan tanggapan, komentar maupun meng-upload quick count hasil lembaga survey”, tegasnya.

Kepada para Babinsa, Dandim juga mengingatkan supaya merawat kendaraan, menjaga faktor keamanan dalam menjalankan tugas di lapangan serta melengkapi administrasi kelengkapan berkendara.

Sebagai informasi bahwa Kodim 0429/Lamtim menerima motor baru dari Kemenhan sebanyak 40 unit, terdiri dari 15 jenis Honda CRF 150 L dan 25 Kawasaki KLX 150. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum