Lampung Timur Terpilih Laksanakan MPP Digital Oleh Kemenpan RB, Dihadiri Wabup Lamtim

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Jakarta-Halopaginews.com- Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi, S.E., M.Si, di dampingi Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Lampung Timur, Edy Saputra, S.H.,M.H menghadiri acara peresmian MPP dan Penguatan Komitmen Penerapan MPP Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN RB, bertempat di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan Jakarta, (7 Maret 2024).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas meresmikan 17 Mal Pelayanan Publik (MPP) secara serentak, dan penguatan komitmen penerapan MPP Digital.

Adapun 17 MPP tersebut diantaranya adalah MPP Kota Medan, MPP Kabupaten Siak, MPP Kabupaten Seluma, MPP Kabupaten Sarolangun, MPP Kabupaten Bangka, MPP Kabupaten Mesuji, MPP Kota Sukabumi, MPP Kabupaten Banjarnegara, MPP Kota Tegal, MPP Kota Probolinggo, MPP Kabupaten Katingan, MPP Kabupaten Lamandau, MPP Kabupaten Sukamara, MPP Kota Banjarmasin, MPP Kabupaten Gowa, MPP Kabupaten Luwu, dan MPP Kabupaten Wonosobo.

Hingga saat ini telah terbentuk sebanyak 175 MPP, dengan diresmikannya 17 MPP tersebut maka akan menambah jumlah MPP yang tersebar di seantero Indonesia menjadi 192 MPP,” ujar Plt. Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Herman.

Baca Juga :  PKBM Kusuma Bangsa Lampung Timur Sukses Gelar Festival Literasi Kusuma Bangsa Tahun 2023
Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Kedepannya, seluruh penyelenggara MPP dapat memanfaatkan platform MPP Digital yang nantinya akan menjadi bagian dari pelayanan terintegrasi yang ada dalam Portal Pelayanan Publik. Disampaikan, pengembangan pelayanan publik digital yang terintegrasi merupakan hal yang tidak dapat dihindari seiring dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat akan layanan yang lebih user-friendly.

β€œDengan MPP Digital yang telah terintegrasi dengan basis data pemangku layanan, masyarakat dapat mengakses layanan kapan saja dan dimana saja tanpa perlu mengisikan data secara berulang,” ungkapnya.

Untuk mengakselerasi hal itu, Kementerian PANRB juga melaksanakan penguatan komitmen MPP Digital.

β€œPada kesempatan ini akan diikuti oleh sejumlah kepala daerah secara hybrid. Penguatan komitmen pengelolaan MPP Digital merupakan upaya akselerasi transformasi digitalisasi pelayanan publik di Indonesia,” tutur Herman.

Guna mengoptimalkan pelayanan, pada kegiatan ini juga akan dibuka Booth Bisa Tanya Kebijakan PANRB, dimana para peserta dapat berkonsultasi mengenai kebijakan PANRB di lokasi kegiatan. Hal ini merupakan bentuk kolaborasi kerja antar unit di Kementerian PANRB agar lebih berdampak bagi masyarakat.

Baca Juga :  Seminar CEO Mastermind 3 Day 2022

“Alhamdulillah Kabupaten Lampung Timur termasuk dalam lokus baru MPP Digital”, semoga keberadaan MPP Digital yang memberikan bidang layanan administrasi kependudukan dan layanan perizinan tenaga kesehatan ini mampu meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab (Good Governance) sesuai misi Kabupaten Lampung Timur menuju Rakyat Lampung Timur Berjaya,”ujar Bapak Wakil Bupati disela-sela acara tersebut.

Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Lampung Timur Edy Saputra juga menyambut baik dengan terpilihnya Kabupaten Lampung Timur menjadi lokus baru MPP Digital.

β€œini merupakan bentuk pencapaian sekaligus tantangan bagi DPMPTSP Kabupaten Lampung Timur untuk dapat lebih berkomitmen dalam memberikan pelayanan publik yang cepat, mudah dan transparan bagi masyarakat”,pungkas Edy. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum