Dandim 0429/Lamtim, Irup Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Lampung Timur

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Timur-Halopaginews.com-Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Pemkab Lamtim, Sabtu (1/6/2024).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Komandan Kodim 0429/Lamtim Letkol Arm Arief Budiman, S. Sos., M.M serta dihadiri unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, para Asisten, Staf Ahli, unsur TNI/Polri, Pol-PP, Kepala Dinas, Badan, Kantor, Pejabat Fungsional dan sejumlah PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamtim, Ketua PWI, Ketua TP PKK Lamtim dan undangan lainnya.

Hari Lahir Pancasila ini dilaksanakan setiap tanggal 1 Juni, pada peringatan tahun 2024 mengusung Tema ” Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045″

Pada kesempatan tersebut Dandim 0429/Lamtim Letkol Arm Arief Budiman, S. Sos., M.M selaku Inspektur Upacara membacakan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, yang menekankan pentingnya Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

Baca Juga :  Dandim 0429/LT Hadiri Rapat dengan Pelaku Seni dan Hiburan
Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

“Hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK). Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, Ujar Dandim mengutip pidato tersebut.

Tema tahun ini mencerminkan pentingnya Pancasila dalam menyatukan bangsa Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa.

Masih dikatakan Dandim bahwa Pancasila harus senantiasa dijadikan ideologi yang bekerja dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia. Menghadapi perkembangan teknologi komunikasi yang pesat, Pancasila harus menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

Dalam pidato tersebut juga menyampaikan pentingnya mengarusutamakan Pancasila dengan metode kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa

Baca Juga :  Pendistribusian BLT DD 77 KPM Desa Taman Bogo Di Kawal Babinsa

“Seluruh komponen bangsa harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila”, pungkas Dandim.

Selain itu, pada momen peringatan hari lahir Pancasila Dandim mengajak kepada seluruh Prajurit Kodim 0429/Lamtim untuk senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sehari-hari.

“TNI harus jadi perekat dan pemersatu bangsa dengan upaya nyata dilapangan. Jaga terus sinergritas TNI dengan Polri serta instansi lainya. Sadari bahwa kita adalah bagian dari sistem yang saling membutuhkan sehingga diperlukan semangat untuk bekerja sama bersinergi dan bergotong royong dalam upaya memajukan bangsa”, tegas Dandim. (*)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum