Sederhana, Ini Cara Babinsa Koramil 429-02/Way Bungur Jalin Kebersamaan Dengan Warga Binaan

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Timur-Halopaginews.com- Sebagaimana amanat Panglima Besar Jenderal Soedirman, Yogyakarta, 1 Januari 1946 berbunyi “Tentara bukan merupakan suatu golongan di luar masyarakat, bukan suatu kasta yang berdiri di atas masyarakat. Tentara tidak lain dan tidak lebih dari salah satu bagian masyarakat yang mempunyai kewajiban tertentu”.

Mencermati kalimat dari sekelumit amanat Panglima Besar Jenderal Soedirman pada tahun 1946 dengan kata kunci “Tentara” dan “Masyarakat” seperti tidak bisa terpisahkan karena antara satu dengan lainnya saling berkaitan layaknya jiwa dan raga.

Sehingga dalam rangka memperkuat kebersamaan untuk kemanunggalan TNI Rakyat serta suksesnya Pembinaan Teritorial (Binter), Babinsa Koramil 429-02/Way Bungur Kodim 0429/Lamtim Sertu Pujianto bersama-sama dengan Bhabinkamtibmas dan warga masyarakat melaksanakan gotong-royong pembersihan jalan dan selokan di di SDN 1, Desa Taman Negeri, Kecamatan Way Bungur, Jum’at (10/9/7/2024).

Baca Juga :  Redaksi Halopaginews: Selamat HUT Bhayangkara Ke76 Semoga Polri Tetap Jaya

Kegiatan gotong-royong juga turut dihadiri oleh Kades Taman Negeri Sigit Susilo, S. PD.I, Bhabinkamtibmas Aipda Agus Saputro, beserta perangkat desa dan warga masyarakat.

Babinsa Sertu Pujianto menuturkan, mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat tidak bisa dilakukan secara “instan” namun harus “konstan” dipersiapkan secara dini agar senantiasa terpelihara semangat kebersamaan untuk menjaga persatuan dan kesatuan.

”Pembinaan teritorial yang dilakukan melalui komunikasi sosial, gotong royong dan lain sebagainya diharapkan mampu mewujudkan kemanunggalan TNI dan rakyat serta tercapainya tugas pokok TNI”, kata Babinsa.

Lebih lanjut Babinsa menambahkan, banyak manfaat yang didapatkan dari kegiatan gotong-royong pembersihan selokan sebagai sarana mengalirkan air hujan untuk dibawa ke suatu tempat agar tidak menjadi masalah bagi lingkungan dan kesehatan.

“Banyak dari kita mengabaikan manfaat dan pentingnya selokan atau got, bahkan apabila terdengar kata got yang terbesit dalam benak kita adalah menjijikan dan kotor. Oleh karena itu mulai saat ini mari manfaatkan fungsi selokan sebaik-baiknya dengan cara melalukan rutinitas kebersihan bersama, seperti membersihkan sampah yang menyumbat pada selokan, dan mulailah membuang sampah pada tempatnya”, pungkas Babinsa.

Baca Juga :  Anggota DPRD Lamtim Made Subrata, Gelar SIGER Jum'at Berbagi dan Senam Lampung Berjaya

Senada disampaikan Kades Taman Negeri Sigit Susilo, bahwa menjaga kebersihan lingkungan Kebersihan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap individu, karena lingkungan yang bersih tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan kita, tetapi juga berdampak positif bagi kelestarian alam dan kehidupan makhluk lain di sekitar kita.

“Dengan membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya, membersihkan lingkungan sekitar rumah, dan tidak melakukan tindakan vandalisme, kita telah berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang nyaman dan indah untuk semua orang”,tuturnya. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum