Spesialis Curat Gedung Walet Diciduk Polisi

0
180

Tulang Bawang (HPN) – Polsek Penawartama bersama Tekab 308 Polres Tulangbawang berhasil menangkap SO als IY (26), yang merupakan satu dari tiga pelaku spesialis pencurian dengan pemberatan (curat) di Gedung Walet.

Diterangkan Kapolsek Penawartama AKP. M Taufiq mewakili Kapolres Tulangbawang AKBP. Syaiful Wahyudi mengatakan, pelaku ditangkap pada hari Senin (15/07/2019), sekitar pukul 23.00 WIB, saat sedang berada di rumahnya.

“SO als IY yang berprofesi sebagai buruh, merupakan warga Kampung Sidoharjo, Kecamatan Penawartama, Kabupaten Tulangbawang,” terang Kapolsek. Selasa (16/07/2019).

Adapun penangkapan terhadap pelaku, berdasarkan laporan dari korban A Marbun (46), berprofesi wiraswasta, warga Kampung Makarti Tama, Kecamatan Gedung Aji Baru. Tertuang dalam Laporan Polisi Nomor : LP / 47 / XII / 2018 / Polda Lpg / Res Tuba / Sek Tama, tanggal 15 Desember 2018, kerugian sarang burung walet sebanyak 8 ons yang ditaksir senilai Rp.8 Juta.

Aksi kejahatan yang dilakukan oleh pelaku SO als IY bersama dengan rekannya UN dan SL yang sekarang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) terjadi pada hari Sabtu (15/12/2018), sekitar pukul 03.00 WIB, di gedung walet milik korban yang berada di Kampung Makarti Tama.

Baca Juga :  Kerjasama Program Nasional PAMSIMAS III di Pemkab Tuba

Lanjut Kapolsek, kejadian tersebut bermula diketahui oleh saksi Mawanto (46), yang bertugas menjaga gedung walet milik korban. Mulanya hari Jumat (14/12/2018), sekira pukul 23.30 WIB, saksi seperti biasa melakukan pengecekan dan mengontrol gedung walet tersebut dan tidak ditemukan adanya hal-hal yang aneh, lalu saksi pulang ke rumahnya.

“Hari Sabtu (15/12/2018), sekitar pukul 06.30 WIB, saat saksi kembali mengecek gedung walet milik korban, ternyata gedung tersebut dindingnya telah di jebol oleh para pelaku. Mengetahui peristiwa tersebut, saksi langsung menghubungi korban dan bersama-sama dengan korban melakukan pengecekan. Hasilnya sarang burung walet milik korban telah di curi oleh para pelaku dan di Tempat Kejadian Perkara (TKP) ditemukan alat-alat yang digunakan oleh para pelaku. Korban pun langsung melaporkan kejadian tersebut ke Mapolsek Penawartama,” tambahnya.

Baca Juga :  Puluhan Rumah di Rawapitu Diterjang Banjir

Kemudian berbekal laporan tersebut, petugas kami bersama Tekab 308 Polres terus melakukan penyelidikan untuk mencari siapa pelakunya. Berkat keuletan dan kegigihan petugas dilapangan, akhirnya satu dari tiga pelaku berhasil ditangkap saat sedang berada di rumahnya.

Hasil penangkapan dari tangan pelaku, petugas kami menyita Barang Bukti (BB) berupa seprotan air berwarna biru, tali tambang berwarna biru, tiga unit senter kepala, dua buah gagang bor tangan, dongkrak, seling, skrap, stik panjang, empat buah tali karet, tiga buah mata bor, sarung tangan dan tas berwarna coklat yang berisi plastik warna hitam untuk menampung sarang walet.

Kini pelaku masih dilakukan pemeriksaan secara intensif di Mapolsek Penawartama dan akan dijerat dengan Pasal 363 ayat 1 ke 4 dan ke 5 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan. Diancam dengan pidana penjara paling lama 7 tahun.(aw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here