Sukses Dalam PEDA-KTNA XVI, Pemkab Tuba Dapat Bantuan Rp9 M

0
182
Penyerahan secara simbolis Bantuan Program Kegiatan Lingkup Pertanian dan Perikanan oleh Asisten Bidang Ekonomi Taufik Hidayat kepada Pemkab Tuba diwakili Sekda Anthoni. Selasa (16/7).

Tulang Bawang (HPN) – Kabupaten Tulangbawang sukses mengikuti Pekan Daerah – Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA – KTNA) ke XVI Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019, yang dipusatkan di Lapangan Cipta Karya, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan.

Dalam kesempatan tersebut, kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Provinsi Lampung ITaufik Hidayat. Diketahui bahwa Pemerintah Provinsi Lampung mengucurkan bantuan untuk program pertanian dan perikanan di 15 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung sebesar Rp.84.035.913.000.

Selanjutnya khusus untuk diwilayah Kabupaten Tulangbawang mendapat anggaran sebanyak Rp.9.302.762.000. Yang peruntukannya untuk program pengolahan dan pemasaran hasil pertanian, yaitu berupa 1 unit Sentra Pelayanan Pertanian Terpadu dan juga guna untuk program prasarana dan sarana pertanian, berupa 300 Ha program cetak sawah dan 13 unit traktor roda 2 serta 5 unit pompa air.

Selain itu, anggaran tersebut pula diperuntukkan guna bantuan fasilitas alat Gapoktan, bantuan kegiatan rumah pangan lestari, bantuan benih ikan mas beserta pakan untuk 84.000 ekor dan bantuan benih ikan lele beserta pakan untuk 120.000 ekor.

Baca Juga :  Polisi Tangkap Oknum PNS Tuba Penjual Sabu

Pada acara itu, Bupati Tulangbawang Winarti turut menyampaikan, bahwa diharapkan dengan adanya bantuan dari Pemerintah Provinsi Lampung ke Kabupaten Tulangbawang, dapat mampu mensejahterakan para petani dan nelayan di Kabupaten berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur.

“Semoga bantuan itu dapat bermanfaat bagi petani dan nelayan di Kabupaten Tulangbawang, sehingga dapat meningkatkan tarap hidup dan perekonomian masyarakat Kabupaten Tulangbawang yang menggantungkan hidup dengan bertani dan nelayan,” harap Winarti. Selasa (16/07/2019).

“Diharapkan pula, melalui PEDA – KTNA Tahun 2019, mampu menjadi motivasi pendorong kemajuan masyarakat petani dan nelayan dalam kemandirian dan kewirausahaan tani dan nelayan di Kabupaten Tulangbawang,” tambahnya.

Adapun sebelumnya, Bupati Winarti, melalui Sekdakab Anthoni menyampaikan, dukungan penuh kepada para peserta yang mengikuti perlombaan PEDA – KTNA ke XVI Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2019, yang dilaksanakan di Kabupaten Lampung Selatan.

Baca Juga :  Konferensi Pers Akhir Tahun Satreskrim Polres Tuba

Hal ini, mengingat Kabupaten Tulangbawang memiliki potensi perairan dan pertanian yang melimpah, sehingga sumber daya ini harus mampu dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Oleh sebab itu, dengan adanya PEDA – KTNA, diharapkan Sumber Daya Manusia (SDM) petani dan nelayan di Kabupaten Tulangbawang dapat menjadi kian berkualitas, diantaranya dengan membangun skala usaha yang memiliki potensi strategis, sehingga dapat memberikan sumbangsih bagi kesejahteraan masyarakat.

Kabupaten Tulangbawang pada PEDA – KTNA 2019, mengirimkan sebanyak 25 orang peserta utama, pendamping 5 orang dan panitia 4 orang, dengan mengikuti lomba Stand Pameran, lomba Asah Terampil, lomba Temu Karya, lomba Peragaan dan Unjuk Tangkas, lomba Karya Seni dan lomba Olahraga Tradisional, yang pelaksanaannya sejak 14 Juli hingga 18 Juli 2019.(aw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here