IJTI Gelar Pelatihan Jurnalistik di SMK HMPTI

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Tulang Bawang (HPN) – Dalam menggali potensi bibit seorang Jurnalis Televisi yang handal dan profesional, Organisasi Profesi Wartawan atau Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), telah menggelar pelatihan Jurnalis terhadap siswa Sekolah SMK HMPTI jurusan multi media.

Adapun pelatihan yang diikuti sebanyak 49 siswa ini terdiri dari tiga kelas. Diantaranya, Kelas X, XI dan XII. Sementara pemateri pelatihan ini melibatkan lima personil anggota IJTI yakni, Mustaqim (indosiar), Andre Kurniawan (indosiar), Ponidi Yusuf (RTV), Johan Argena Putra (TVRI), Rahman Wijayanto (Metro TV), Lutfi (GRAFIS), kegiatan pelatihan ini dipusatkan disatu ruangan.

Para siswa atau peserta, mendapatkan materi tentang televisi yang disampaikan oleh mustaqim, Materi Pengambilan gambar oleh Johan dan Rahman, Tentang proses pengolahan gambar atau produser oleh andre dan Ponidi, sedangkan materi grafis oleh lutfi.

Baca Juga :  Dandim Kohir Beri Surprise di Hari Bhakti Adhyaksa ke-60

Tujuan pelatihan ini adalah, memupuk dan memberikan pendalaman ilmu tentang jurnalis dan design yang dimiliki oleh peserta jurusan multi media SMK HMPTI.

Dijelaskan Ketua Tim pelatihan Mustaqim, Mengatakan bahwa pelatihan yang digelar merupakan salah satu program IJTI yang dilaksanakan setiap enam bulan.

“Kegiatan pelatihan jurnalis ini sebenarnya program kegiatan rutin kami untuk mencari bakat para siswa yang minat didunia perjurnalisan, apalagi ini adalah siswa yang memang bersentuhan dengan program televisi,sehingga kami tinggal mematangkan dan mwngarahkan mereka kesisi tujuan, kalau bakat dan modal mereka sudah punya.” jelasnya.

“Kami akan menjadikan mereka seorang jurnalis yang profesional yang diawali sejak dini,sehingga ketika berminat masuk menjadi seorang jurnalis sudah ada bekal”. Imbuhnya.

Sementara dari pihak Sekolah HMPTi berharap kegiatan pelatihan ini bisa bersinergi antara sekolah dan IJTI dalam jangka panjang. “Saya ucapkan terima kasih kepada IJTI yang sudah membantu menyalurkan ilmunya kepada siswa kami dijurusan multi media, dan kami atas nama sekolah akan bekerja sama dengan IJTI dalam pengujian kompetensi siswa dijurusan multi media, baik tentang jurnalistik maupun perfileman dan grafis.” kata Kepala Sekolah Nurul Handayani.

Baca Juga :  Heboh, Pencuri Gasak Uang Rp230 Juta

Dalam pelatihan yang di gelar oleh IJTI pada hari jumat ini, selain pelatihan materi juga dilakukan praktek langsung kepada siswa tetntang pembuatan sebuah berita maupun pengambilan gambar.kegiatan pelatihan ini digelar selama satu hari. Dalam pelatihan ini di tutup dengan menayangkan rangkaian praktik pembuatan berita oleh siswa yang ditampilkan melalui layar proyektor. (Rls/AW)

Dilaporkan oleh : Redaksi Halopaginews