Lapas Kelas II B Waykanan Gandeng Puskesmas Cegah COVID-19

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Waykanan (HPN) – Dalam rangka pencegahan dan menanggulangi masuknya COVID-19 atau Virus Corona di Lapas Kelas II B Waykanan adakan penyuluhan dan pembinaan kesehatan bagi warga binaan. Dalam kegiatan ini Lapas bekerjasama dengan Puskesmas Negeri Baru Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten setempat. Hal ini disampaikan oleh Kalapas Syarpani saat membuka kegiatan penyuluhan tersebut. Kamis (19/03/2020).

Syarpani Kalapas Kelas II B Waykanan mengatakan. “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya nyata Lapas Way Kanan dalam mencegah meluasnya Virus Corona,karena Lapas yang sangat beridiko bahkan bisa jadi lebih berisiko daripada di sekolah-sekolah maupun tempat ibadah sebab kita disini tinggal bersama-sama dalam waktu yang lama, sehingga penularan akan sangat mudah terjadi. Kami juga melakukan upaya antara lain menyiapkan cuci tangan bagi pengunjung di pintu masuk Lapas, Hand Sanitizer, alat ukur suhu bagi siapapun yang masuk lapas.” jelasnya.

Baca Juga :  Polda Lampung Distribusikan Sembako Lewat Polres Waykanan

Penggagas Pesantren dalam Lapas ini juga mengatakan, bahwa penyuluhan seperti ini diharapkan tidak hanya berlangsung hari ini. “Semoga dengan kegiatan ini kedepannya pihak Puskesmas Negeri Baru rutin melakukan penyuluhan kesehatan setiap bulannya.Mengingat saat ini kita punya 512 Narapidana dan 70 Pegawai yang tinggal bersama dilingkungan ini, kesehatan menjadi hal yang penting dan menjadi tanggung jawab bersama.” kata Kalapas.

Sedangkan Kepala Puskesmas Negeri Baru Mufit AS mengatakan, bahwa upaya serius pencegahan dan pengendalian penyakit menular harus dilakukan pihak Lapas Waykanan, supaya para Pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas setempat terbebas dari penyakit menular berbahaya terutama Virus Corona.

Selanjutnya Kepala Puskesmas menyebutkan bahwa. “Situasi perkembangan Virus Corona membuat kita wajib waspada, terutama tentang penularannya. Sehingga perlu dilakukan sebuah tindakan pencegahan.Saran saya, kita semua harus menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, menjaga etika batuk dan segera periksa ke Klinik terdekat bila ditemukan demam tinggi, mencegah lebih baik daripada mengobati.” ungkapnya.

Baca Juga :  Pembukaan Harian Umum Radar Waykanan

Narasumber Dokter Aprilia Dyah Pitaloka, dokter Puskemas Negeri Baru memberikan beberapa materi terkait COVID-19 atau Virus Corona, HIV/AIDS,TBC dan Skabies (penyakit kulit) antara lain menerangkan. “Kami dari Puskesmas Negeri Baru menggelar kegiatan penyuluhan terkait COVID-19 atau Virus Corona dan pembinaan kesehatan bagi binaan Lapas Waykanan di ruang terbuka. Untuk menanggulangi persebaran penyakit menular tersebut, penting bagi kita menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), rajin mencuci tangan, menerapkan etika batuk dan menggunakan masker bagu yang sakit.” ungkap Aprilia. (Zainal)

Dilaporkan oleh : Redaksi Halopaginews