Bupati Asahan Gelar Rakor Penanganan Covid-19

0
143
Foto: ist

Asahan (HPN) – Bupati Asahan Surya membuka Rapat Koordinasi dengan RAK Penanganan Covid-19, yang berlangsung di Aula Rumah Dinas Bupati. Selasa (24/03/2020).

Hadir dalam Rakor tersebut, Unsur Forkopimda, DPRD Sumut Camat, FKUB, Majelis Ulama Indonesia, Ketua Imtaq tokoh masyarakat dan tamu undangan.

Dalam pembukaan Rakor ini Bupati mengatakan akan membentuk Gugus Tugas guna percepatan penanganan Covid-19 dengan melibatkan TNI / Polri, akademis, tokoh agama dan seluruh tokoh masyarakat asahan. Serta membahas kebutuhan yang diperlukan dalam penanganan Covid 19.

“Mengintruksi seluruh jajaran instansi kesehatan, OPD dan satuan vertikal Kabupaten Asahan agar tetap melakukan sosialisasi dalam penanganan Covid 19.” ujar Surya.

Bupati juga turut mengajak kepada seluruh masyarakat untuk Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Serta seluruh perkantoran, pusat perbelanjaan, pasar tradisional, hotel, tempat hiburan, restoran, tempat wisata dan tempat umum lainnya agar menyediakan cuci tangan berupa air mengalir dan hand sanitizer.

Baca Juga :  Pemkab Asahan Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Menghimbau kepada masyarakat untuk menghindari keramaian, tetap tenang, jangan panik dan jangan bertindak berkelebihan untuk membeli kebutuhan dengan menimbun bahan makanan, jangan sampai terjadi penyebaran hoax.jangan jenuh bersih2, jaga kebersihan. Pemerintah Kabupaten Asahan terus memberikan informasi kepada masyarakat dalam pencegahan Corona.

Melalui Plt. Dinas kesehatan John Hardi Nasution, dalam laporannya mengatakan. “Saat ini kabupaten Asahan terdapat 102 Orang Dalam Pantauan (ODP) dengan kondisi, 96 orang sehat dan 6 orang sakitt. Dari pantauan yang telah di lakukan, terdapat permasalah di lapangan yaitu karantina tidak disiplin, terbatas APD, sikap apatis terhadap masyarakat, beredarnya ODP yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, “jelas John Hardi.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Asahan Burhanuddin Harahap mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan yang cepat tanggap dalam persoalan untuk penanganan Virus Corona (Covid-19) . Dan kita berdoa agar kabupaten Asahan tidak terkena Covid 19.

Baca Juga :  Surya Awasi Peserta Ujian CPNS Formasi 2019 di Asahan

“Dan diminta kepada Plt. Dinas kesehatan Asahan dapat menambahkan baju APD Set/lapangan, yang telah di programkan karena kebutuhannya akan. Serta mencari Rumah Sakit Isolasi supaya tidak tercampur dengan pasien yang terkena virus Corona, kepada Kapolres dan Dandim agar dapat menindak bagi yang melaksanakan keramaian untuk memutus mata rantai dari virus Corona,” ucap Baharuddin Harahap.

Sementara Kapolres Asahan AKBP. Nugroho Dwi Karyanto mengajak kerja sama seluruh unsur forkopimda membentuk gugus tugas . Dan kepada camat agar tetap memonitor tentang TKI yang legal dan non legal.

Menghimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan dalam keramaian, jangan sampai terjadi penyebaran covid-19.

Kapolres juga mencontohkan bahwa di lingkungan Polres Asahan setiap hari melakukan penyemprotan desifiktan. “Dari lingkungan kita dulu diutamakan untuk bersih. Mari kita sama2 selamatkan umat manusia di kabupaten Asahan sesuai dengan Missi kab. Asahan,” tegas Kapolres. (Bangun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here