Bupati Waykanan Buka Musrenbang Tahun 2020

0
244
Foto: Humas.

Waykanan (HPN) – Pemerintah Kabupaten (pemkab) Waykanan melaksanakan Murenbang Tingkat Kabupaten Tahun 2020 untuk Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Anggaran Tahun 2021, yang dilaksanakan Pemkab Waykanan melalui Video Conference (vicon) dibeberapa tempat berbeda, Bupati di Rumah Dinas Bupati, Sekdakab di Ruang Rapat Utama Pemkab setempat, sedangkan Asisten 1 di Ruang Rapat Bappeda. Selasa (14/04/2020).

Dalam sambutannya, Bupati Raden Adipati Surya menyampaikan, musrenbang merupakan momentum penting dan strategis dalam rangka merumuskan program prioritas Pembangunan Tahun 2021, untuk kemudian dijadikan acuan dalam penyempurnaan rancangan awal RKPAD Tahun 2021.

“RKPAD Tahun 2021 merupakan RKPD transisi antara “RPJMD 2016 – 2021″ dan RPJMD periode berikutnya. Oleh karena itu RKPD Tahun 2021 harus mempertimbangkan arahan RPJMD Kabupaten Way Kanan Tahun 2005 sampai dengan Tahun 2025,isue-isue aktual, pertumbuhan ekonomi dan keuangan dan sinergitas kebijakan Nasional dan Daerah.” sebut Adipati.

Ditambahkan Bupati, memasuki Tahun 2020,Dunia dihadapkan pada persoalan Covid-19 yang dinyatakan sebagai pandemi dihampir seluruh Negara,dari waktu ke waktu terus menunjukkan peningkatan.Menambah korban jiwa,kerugian material dan kesejahteraan masyarakat.

“Kita belum bisa memprediksi secara akurat sampai kapan pandemi Covid-19 akan berakhir.Bisa 2 bulan,3 bulan,4 bulan,6 bulan atau lebih,belum ada gambaran yang pasti jika Covid-19 dapat cepat ditanggulangi,maka normalisasi dan recovery dilakukan dengan biaya yang lebih hemat.” ucapnya.

“Tetapi jika pandemi Covid-19 ini berlangsung lama dan tidak segera ditangani,maka biaya yang diperlukan akan semakin besar dan hal ini akan menjadi beban Pemerintah dan Masyarakat serta dapat menghambat pertumbuhan ekonomi.” tambahnya.

Sehubungan dengan Covid-19, maka dari itu RKPD Tahun 2021 harus disusun lebih fleksibel,dinamis dan antisipatif agar dapat menyesuaikan perubahan yang terjadi. Walaupun sejauh ini penyebaran Vovid-19 di Kabupaten Waykanan masih terkendali.

Baca Juga :  HUT Bhakti Baden Powell Tahun 2020

Selanjutnya, rencana kerja Tahun 2021 tergantung pada kondisi keuangan dan capaian penanganan Covid-19 sampai akhir Tahun 2020. Program dan kegiatan yang menjadi prioritas Tahun 2021 adalah hal-hal mendesak terkait Covid-19 yaitu terkait Kesehatan, dampak Ekonomi dan dampak Sosial termasuk penanggulangan kemiskinan dan lain-lain.

“Hal lain yang perlu dikedepankan adalah kegiatan penting yang tertunda akibat Covid-19 seperti Infrastruktur Dasar (Rehabilitasi Jalan Poros yang tertunda di Tahun 2020), irigasi dan lain-lain. Selanjutnya hal lain merupakan target RPJMD dan usulan Musrenbang Kecamatan.
Sejalan dengan Tema RKPD Provinsi Lampung 2021, “Meningkatkan kualitas SDM dan Pembangunan Ekonomi yang berkelanjutan berbasis Inovasi.” maka RKPD Kabupaten Waykanan Tahun 2021 mengusung Tema. “Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan Pemerataan Ekonomi yang berkelanjutan didukung oleh Pembangunan Infrastruktur.”

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut perlu dilakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Sektor sumber daya manusia diarahkan pada pemberdayaan masyarakat terutama masyarakat miskin , mendorong peningkatan rata-rata lama sekolah dan meningkatkan umur harapan hidup.

2. Sektor ekonomi diarahkan pada pemulihan ekonomi disamping terus berupaya mengembangkan unggulan daerah berdasarkan potensi wilayah melalui pengembangan usaha ekonomi produktif hulu hilir, termasuk pengembangan One Vilage One Product, serta mendorong investasi.

3. Sektor Infrastruktur untuk mencapai konektivitas antar wilayah tidak hanya dilakukan dengan kebijakan tuntas ruas jalan Kabupaten. Tetapi harus didukung dengan jaringan jalan Provinsi yang semakin baik, serta jaringan jalan antar dusun dan antar kampung oleh Pemerintah Kampung/Desa.

4. Selain itu juga perlu didorong pengembangan Infrastruktur sumber daya air terutama saluran irigasi dan sanitasi lingkungan.

5. Tata kelola pemerintahan, diarahkan pada peningkatan pelayanan publik, penerapan e-government, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia terutama tenaga fungsional menuju Smart City/Smart Regency.

Baca Juga :  Pemkab Waykanan Gugus Tugas Penanganan Covid-19

6. Ketertiban, Keamanan dan lingkungan hidup, diarahkan pada pemberdayaan ketahanan masyarakat, penguatan tenaga LINMAS dalam rangka mendukung keamanan dan kesiap- siagaan bencana, serta mempertahankan ADIPURA.

Sejalan dengan hal tersebut, maka selanjutnya kami mohon dukungan pada Pemerintah Provinsi dan Pusat terhadap urusan- urusan konkuren antara lain:

1. Peningkatan akses ruas-ruas jalan Provinsi menuju pintu TOL dari jalan Lintas Tengah Sumatera. Sehingga terkoneksi jalan Lintas Tengah dan Lintas Timur Sumatera.

2. Mempercepat rehabilitasi jembatan Way Umpu di Lintas Tengah Sumatera, untuk memperlancar akses dan mobilitas barang dan jasa serta pertumbuhan ekonomi.

3. Menyelesaikan permasalahan tapal batas antar Kabupaten, diantaranya tapal batas Kabupaten Waykanan dan Tulang Bawang Barat dan tapal batas Kabupaten Waykanan dengan Lampung Utara.

4. Normalisasi sungai Way Umpu, serta Peningkatan Saluran Irigasi di Wilayah Kecamatan Banjit, Baradatu, Buay Bahuga, Bumi Agung dan Bahuga.

5. Dalam pelayanan Kesehatan kami mohon bantuan Tenaga Medis terutama Dokter Gigi, Dokter Spesialis dan Tenaga Perawat.

6. Sesuai dengan kewenangan Provinsi, kami mengharapkan agar dapat memberi perhatian lebih dalam pengembangan pendidikan menengah (SMA dan SMK) di Kabupaten Waykanan.

7. Dalam pengembangan komoditas unggulan kami mohon dukungan terhadap pengembangan komoditas Kopi dan Lada yang menjadi Icon Lampung. Disamping juga pengembangan Karet, Sawit, Padi, Tebu dan Singkong.
Saat ini kita bersama-sama sedang berupaya melakukan pencegahan penularan Virus Corona, untuk itu Saya meminta perhatian kita semua agar masyarakat tidak panik dan tetap mengikuti arahan dari Pemerintah. (Zainal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here