Pemkab Tuba Siapkan Rp14 M Penanganan Covid-19

0
157
Bupati Tulang Bawang Winarti. Foto: Dok. Ist.
Tulang Bawang (HPN) – Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang mengambil kebijakan strategi dan sangat dinamis, demikian halnya dengan refousing anggaran terkait dengan kondisi pandemi Covid-19.

Kepala Bappeda Kabupaten Tulangbawang Diki Soerahman mengatakan, untuk pencegahaan dan penanganan covid-19 Pemkab Tulangbawang awalnya menganggarkan sekitar Rp5 miliar.

Pada perkembangannya, dimana pemerintah pusat memerintahkan agar refocusing anggaran diprioritaskan pada 3 hal yakni, penanggulangan dampak kesehatan (tahap pencegahan dan penanganan), dampak sosial melalui jaring pengaman social dan dampak ekonomi.

“Menyikapi hal tersebut, kami telah melakukan pergeseran anggaran dari OPD yang tidak urgent untuk dialokasikan ke belanja tidak terduga sehingga menjadi Rp.14 miliar,” kata Diki. Selasa (21/04/2020).

Selain itu, sambungnya, Pemkab Tulangbawang juga telah memiliki 25 program unggulan yang sebagian besar memang menyentuh langsung kepada masyarakat.

“Seperti santunan kematian, lansia, anak yatim, disabilitas, stimulan untuk UMKM dan masih banyak lagi yang biasa digunakan sebagai antisipasi menghadapi dampak social dan dampak ekonomi akibat pandemi covid-19 ini,” terangnya.

Diki menjelaskan, perlu dipahami terkait anggaran belanja tidak terduga itu yakni anggaran yang stand by yang bisa dimanfaatkan untuk mengantisipasi pandemi ini baik itu pencegahan, penanganan maupun penanggulangan dampak sosial atau ekonomi.

Ia menambahkan, penggunaan anggaran itu juga tidak sekaligus dihabiskan, sampai saat ini dana tersebut baru dimanfaatkan untuk upaya pencegahan diantaranya pendirian posko perbatasan beserta operasionalnya.

“Perlu kami tegaskan juga refocusing ini dinamis, artinya angkanya bukan angka final, masih terus berubah, tergantung situasi yang berkembang, artinya bahwa bisa saja terjadi refocusing kembali,” tegasnya.

Diki berharap, masyarakat dan pemerintah secara gotong royong berupaya mendisiplinkan diri untuk mengikuti aturan pemerintah terkait pencegahan penularan virus corona sehingga Kabupaten Tulangbawang dapat melewati pandemi global itu. (ADVERTORIAL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here