Pemulangan TKI dari Malaysia Harus Melalui Tahap Proses

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Asahan (HPN) – Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Asahan, Rahmat Hidayat Hidayat akan proses pemulangan TKI asal Asahan secepatnya, mengingat kondisi para TKI saat ini cukup memprihatinkan. Sabtu (02/05/2020).

Pihak Pemkab maupun Gugus Tugas Covid-19 telah menerima laporan langsung tentang situasi dan kondisi para TKI asal Asaham dari petugas yang telah ditunjuk melalu Dinas Ketenagakerjaan.

“Kini proses pemulangan para TKI dalam tahap pengurusan administrasi. Pemkab Asahan melalui Gugus Tugas Covid-19 telah berupaya secepat mungkin melakukan proses pemulangan warga Asahan dari Malaysia,” ujar Rahmat.

Baca Juga :  Wujudkan Cinta Kasih Kristus , Yang Menggerakkan Persaudaraan Umat Beragama Di Indonesia

Disampaikannya bahwa untuk proses pemulangan para TKI ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Diantaranya laporan Ketua Gugus Tugas Covid-19 Asahan Surya kepada Gubernur Sumut terkait proses pemulangan serta kondisi para TKI yang masih berada di Malaysia.

Jika proses administrasi telah selesai dikerjakan, selanjutnya data akan segera diserahkan langsung ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk diteruskan dan diproses melalui lintas Kementerian.

“Sebab, dalam hal pemulangan TKI harus melibatkan beberapa kementerian seperti Kementerian Perhubungan dan pihak Bea Cukai,” jelas Rahmat.

Baca Juga :  Bupati Surya Suksesi Sensus Penduduk Melalui Online

Rahmat yang juga Kadis Kominfo Asahan menyampaikan pihaknya akan mempersiapkan kapal feri untuk membawa pulang para TKI asal Asahan dari negara tetangga itu.

“Artinya penjemputan akan dilakukan jika semua berkas telah sesuai dengan KTP dan Kartu Keluarga (TKI) yang ada,” sebutnya.

Dirinya juga berharap proses pemulangan para TKI berjalan lancar. Begitu juga untuk wabah virus Corona (Covid-19), agar segera berakhir. (Bangun)

Dilaporkan oleh : Redaksi Halopaginews