RAS Sholat Idul Adha 1441 H di Masjid Besar At-Taqwa

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Way Kanan (HPN) – Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, mengatakan Pandemi Covid-19 memberi hikmah agar kita semua lebih banyak bersabar. Hal ini disampaikan saat menyampaikan sambutannya sebelum melaksanakan Sholat Idul Adha 1441 H/2020 M, bersama warga di Masjid Besar At-Taqwa Kelurahan Blambangan Umpu Kabupaten setempat. Jum’at (31/07/2020).

“Tahun ini terasa berbeda
dengan Hari Idul Adha dari tahun-tahun sebelumnya. Akibat pandemi Covid-19 yang mewabah di berbagai penjuru dunia, Pemerintah Arab Saudi tidak mengizinkan jamaah dari luar negeri untuk menjalankan rukun Islam kelima ini. Hanya warga Arab Saudi dan warga Asing yang berada di Arab Saudi saja yang diperkenankan melaksanakan ibadah Haji. Dan itu pun dengan pembatasan jumlah dan peraturan yang sangat ketat.
Bagi calon jamaah haji tahun 2020, keputusan ini tentu sangat berat. Hal ini memberikan hikmah kepada calon jamaah haji yang ditunda keberangkatannya, untuk semakin melatih kesabaran sebelum waktunya berangkat nanti. Insyaallah kesabaran dalam menerima penundaan ini nantinya akan menjadi wasilah kemabruran haji kelak.” jelasnya.

Baca Juga :  Bupati Way Kanan Lakukan Dialog Interaktif Bersama RRI Bandar Lampung

Dengan ditundanya haji tahun ini, para calon jamaah haji harus yakin dan pasrah pada Allah SWT, karena ini juga merupakan ketetapan Allah. Haji sendiri adalah ibadah yang harus diawali dengan kepasrahan karena harus pergi jauh meninggalkan orang-orang yang dicintai dan harus berjuang menyelesaikan rangkaian kewajiban dan rukun haji.

Ibadah kedua yang kita lakukan di tengah pandemi adalah ibadah kurban. Di tengah wabah ini, ibadah kurban akan lebih bermakna dan terasa bagi masyarakat ekonomi lemah. Selama pandemi, berbagai sektor tak terkecuali sektor ekonomi ikut terkena imbas. Banyak masyarakat yang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya karena harus kehilangan mata pencarian.

“Dari hal ini kita bisa menarik dua hikmah dari ibadah kurban di masa pandemi. Yang pertama adalah hikmah vertikal, yakni semakin dekatnya kita kepada Allah Subhanahu Wata’ala, dan hikmah Horizontal yakni kedekatan dengan sesama manusia dengan saling berbagi rezeki di tengah situasi sulit akibat pandemi ini.” ujar Bupati.

Baca Juga :  Gubernur Lampung Kunker di Kabupaten Waykanan

Sebelum mengakhiri sambutan ini saya mengingatkan, bahwa pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang,Negara kita akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah secara serentak, termasuk di Kabupaten Way Kanan akan menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Keberhasilan Pemilu sangat bergantung pada partisipasi Masyarakat. Pemilu yang baik, tanpa Golput akan menghasilkan pemimpin yang baik dan berkompeten. Untuk itu, marilah kita sebagai pemilih hindari Golput dan gunakan hak suara di TPS-TPS yang telah disediakan.

“Saya juga berharap kepada penyelenggara Pemilu, penegak Hukum, Partai Politik, Pers dan masyarakat luas untuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 ini, agar Pemilihan Kepala Daerah dapat berlangsung secara Aman, Damai dan Sejuk, dan suasana di Kabupaten Way Kanan ini tetap kondusif, sehingga masyarakat kita tetap aman dan tenang dalam menjalan aktifitas sehari-hari.” tutup Bupati Adipati. (Zainal)

Dilaporkan oleh : Redaksi Halopaginews