Gubernur Sumsel Lantik Pj Bupati Muara Enim

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Muara Enim-(HPN) – Sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Nomor 131.16-1127 tanggal 6 Mei 2021 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Muara Enim.

Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru atas nama Presiden Republik Indonesia, resmi melantik dan mengambil sumpah, Dr. H. Nasrun Umar, S.H.,M.M., Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan yang juga Pelaksana Harian (Plh.) Bupati Muara Enim, sebagai Penjabat (Pj.) Bupati Muara Enim di Griya Agung, Sumatera Selatan, Kota Palembang. Selasa Petang (11/05/2021).

Selama melaksanakan tugas sebagai Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H. Nasrun Umar sementara melepaskan jabatannya sebagai Sekda Provinsi Sumatera Selatan dan akan fokus sebagai kepala daerah di Kabupaten Muara Enim.

Gubernur menjelaskan bahwa pengangkatan Dr. H. Nasrun Umar sebagai Pj. Bupati Muara Enim merupakan diskresi atau keputusan yang diambil dan ditetapkan oleh pejabat pemerintahan, dalam hal ini Mendagri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu Undang-undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan.

Baca Juga :  Jelang Pilkades, Forkopimcam Way Bungur Anjangsana Dan Cooling System Para Calon Kepala Desa

Dalam ketentuannya, Mendagri dapat mengambil keputusan dan tindakan untuk mengatasi permasalahan di Kabupaten Muara Enim, sehubungan dengan kondisi kekosongan jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah sehingga menciptakan tertib penyelenggaraan administrasi pemerintahan, memberikan kepastian hukum, mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang dan menjamin akun tabilitas penyelenggaraan pemerintah daerah.

Dengan demikian, pengangkatan Pj. Bupati,  menurut Gubernur akan memberi keleluasaan bagi pejabat yang dilantik, untuk mengambil kebijakan dan langkah-langkah strategis dalam mewujudkan cita-cita pembangunan di Bumi Serasan Sekundang.

Baca Juga :  UK to allow driverless cars on public roads in January

Selain itu, Pj.Bupati memohon doa dan dukungan semua pihak agar dirinya mampu bekerja dengan baik, menjalankan tugas dan amanah secara profesional demi akselerasi pembangunan maupun kesejahteraan masyarakat.

Ditempat yang sama, pengangkatan Hj. Renny Devi Nasrun Umar sebagai Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Muara Enim, yang ditandai dengan penyematan pin PKK oleh Ketua TP. PKK Provinsi Sumatera Selatan, Ny. Febrita Lustia Herman Deru.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumatera Selatan maupun Kabupaten Muara Enim dan turut disaksikan secara virtual oleh masing-masing perangkat daerah dan camat di Kabupaten Muara Enim. (Hasanuddin )

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum