Foto, Pemkab Way Kanan
Foto, Pemkab Way Kanan

Way Kanan-(HPN)- Wakil Bupati selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Way Kanan, Ali Rahman, menghadiri Sekaligus membuka Musyawarah Cabang (Muscab) V, Gerakan Pramuka Kabupaten Way Kanan, Tahun 2021 di Gedung Serba Guna Pemkab setempat, Rabu (07/07/2021).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, serta turut pula dihadiri oleh Kwartir Daearah Gerakan Pramuka Lampung, Anggota Mabicab, Andalan Cabang Kwarcab Way Kanan dan Peserta Muscab V Gerakan Pramuka Way Kanan.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Mabicab menyampaikan harapan kepada seluruh jajaran Pramuka agar dapat memahami dan menghayati isi dari Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka, karena merupakan kunci dari keberhasilan dalam menyongsong masa depan yang baik. Dengan terlaksakanya Muscab V yang mengangkat tema “Bersama Pramuka, Menuju Way Kanan Unggul dan Sejahtera” ini, juga merupakan suatu siklus dalam organisasi yang merupakan keharusan sebagai wujud dari ketaatan berorganisasi.

Selain itu, juga seperti yang diketahui bersama situasi terkini sangat memprihatinkan, situasi yang merupakan ancaman bagi kaum muda Negeri ini ditengah Pandemi Covid-19 khususnya Kabupaten Way Kanan, seperti semakin maraknya minuman keras, penyalahgunaan Narkoba, adanya kekerasan, kejahatan seksual, rendahnya rasa hormat kepada orang tua serta berbagai dampak situasi yang mengancam generasi muda saat ini.

Baca Juga :  Diskominfo Waykanan Serahkan Laporan Tahunan PPID ke KIP Lampung

“Ancaman ini tentu menjadi tanggung jawab semua komponen Bangsa termasuk Gerakan Pramuka. Selama ini telah banyak yang diperbuat oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Way Kanan, Masa Bhakti 2016-2021, sungguhlah sangat sulit ditengah kakak-kakak berjuang memajukan Gerakan Pramuka, kita ditinggalkan kakak kita Edward Antony, yang menjabat Ketua Kwarcab Way Kanan.

Selanjutnya, tak lupa juga kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kepengurusan Masa Bhakti 2016-2021, yang telah memberikan kontribusi besar bagi Pemerintah Daerah, melalui Program Pramuka Peduli Bak sampah yang sampai saat ini masih konsisten memberikan pelayanan pada masyarakat dengan memberi solusi pembuangan sampah, pencapaian 80% Akreditasi Gugus Depan yang merupakan tolak ukur keberhasilan karena esensinya pembinaan Gerakan Pramuka ada disatuan Gugus Depan”, Ujar Waka Mabicab, Ali Rahman yang juga mengajak seluruh peserta Muscab V dan yang hadir untuk menundukkan kepala sejenak,guna mendo’akan Almarhum Ketua Kwarcab Way Kanan.

Baca Juga :  TNI POLRI dan Pemkab Way Kanan Operasi Yustisi

Waka Mabicab pada kesempatan tersebut juga mengingatkan Amanat UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka yang mengharapkan kaum muda Indonesia memiliki karakter kuat dan siap menjadi Pemimpin Bangsa Indonesia yang lebih baik. Karena untuk mencapai visi Gerakan Pramuka, jajaran Pramuka masih harus bekerja keras untuk mewujudkannya, dan perlu banyak menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholders baik dengan Pemerintah, Dunia Usaha dan Masyarakat.

“Selamat menjalankan Muscab V ini, tetaplah berpegang teguh pada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, karena sejatinya Muscab V ini merupakan evaluasi dalam menjalankan kepengurusan yang akan datang,semoga kepengurusan Masa Bhakti 2021-2026,akan bertambah lebih konsisten, amanah dan bertanggungjawab”, Tutup Wabup Ali Rahman yang pada acara tersebut juga me-Launching Perdana Siaran RRI Salam Pramuka Bersama RRI Way Kanan. (Z)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here