Sekretaris Dinas Kominfo Lambar, Mengisi Kegiatan Webinar Program Kementerian Kominfo RI

Foto, Sekretaris Dinas Kominfo Lambar, Mengisi Kegiatan Webinar Program Kementerian Kominfo RI Gerakan Nasional Literasi Digital Tahun 2021

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Barat-(HPN)- Sekretaris Diskominfo Lampung Barat Mengisi Kegiatan Gerakan Nasional Literasi Digital di Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Sekretaris Dinas Kominfo, Indrayani, M.Pd. mendapat kepercayaan untuk mengisi webinar Program Kementerian Kominfo RI di Kegiatan Gerakan Nasional Literasi Digital Tahun 2021 di Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat Rabu 13 September 2021.

Kegiatan yang secara nasional sudah dibuka oleh Presiden Joko Widodo ini di awali dengan Keynote Speech oleh Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P lalu di lanjutkan pemaparan materi oleh dua Narasumber Nasional Aldin Aldama, S.Sos., M.Si, Praktisi Event & Media, Dosen Luar Biasa Fikom Unisb dan Indrayani, M.Pd. yang saat ini juga menjabat Sekretaris Kominfo Lampung Barat. Dilanjutkan dengan Narasumber lokal Irzam, S.Pd Kepala SMKN 1 Enam Lingkung dan Yosi Andika Putra, S.Komz Kabid Persatuan Pemuda Mahasiswa Minang.

Acara yang di pandu moderator
Gabby Mahalani dan Key Opinion Leader Azmy Zen yang juga Presenter, MC, VO Talent berlangsung menarik dengan mengangkat tema Media Sosial sebagai Wadah Demokrasi, partisipan dihadiri selain dari masyarakat Sumatera Barat juga terlihat dari kalangan guru dan beberapa pegawai dari Lampung Barat.

Hal ini, menurut Bang Indra Muin, sapaan akrab Indrayani, diawali dengan keinginan untuk menyampaikan informasi yang berhubungan dengan literasi digital kepada masyarakat juga ingin mengajak rekan-rekan untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut yang pada akhir acara akan mendapatkan E-sertifikat Nasional yang pada saat nanti bisa digunakan salah satu poin angka kredit bagi pegawai fungsional.

Baca Juga :  Sambut Hari Bhayangkara Ke-78 Polsek Sekincau Gelar Bakti Sosial

Dalam kesempatan webinar ini, Bang Indra menyampaikan Subtema Tentang Cyber Safety: Tips dan Pentingnya Internet Sehat.

” Menurut Kementerian Kominfo RI, jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini telah mencapai 202 juta orang. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pengguna internet terbesar keempat di dunia dengan jumlah pengguna internet Indonesia didominasi oleh generasi muda berusia 15-30 tahun yang disebut netizen, informasi yang didapatkan semakin terbuka baik konten positif maupun negatif “. Ujar Bang Indrayani.

” Menggunakan internet akan mendapatkan informasi, pengetahuan dan wawasan tentang hal-hal positif yang diperoleh. Namun, di sisi lain internet terutama penggunaan media sosial akan banyak menemukan informasi negatif soal perkembangan kondisi saat ini (seperti Pandemi Covid-19 dan pelaksanaan vaksinasi), ujaran kebencian, radikalisme, terorisme, ekstrimisme dan ketersinggungan hal yang berbau SARA (suku, agama, ras dan antargolongan) “. Lanjutnya.

” Informasi Ditelan Bulat Bulat tanpa ada langkah-langkah mengetahui kebenaran dari sebuah berita namun di saat bersaman gejolak amarah dan kebencian sudah memuncak. Sehingga tanpa di sadari, kota memberikan pernyataan mendukung, mengungkapkan kebencian dan kemarahan lewat kata-kata dan kita repost ( mengirim ulang ) agar teman kita mengetahuinya ternyata berita/konten tersebut
hoaks / berita bohong adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya,”Tegasnya.

Baca Juga :  Salah Satu Oknum Guru Diduga Gunakan Ijazah Palsu

” Tujuan dari berita bohong adalah membuat masyarakat merasa tidak aman, tidak nyaman, menimbulkan kebencian dan kemarahan, Saat seperti itu ada orang yang dirugikan, ada orang yang merasa puas namun kita sebagai pelaku yang mengomentari, menanggapi, bahkan menyebarkan,”Ungkapnya.

” Dan banyak sekali nitizen berurusan dengan pihak kepolisian karena sikap di media sosial yang tidak menggunakan kecerdasan dan kearifan berselancar di Media Sosial. Untuk itu, kita gunakan internet (media masa) dengan berbagai aplikasi (Twitter, Instagram, Tiktok, Facebook, Line dan sejenisnya) dengan prinsip CANTIK ( cerdas, aman, nyaman, tatakrama/ etitude, informatik, kekeluargaan) agar kita aman berselancar di dunia Maya / Cyber
Internet safety merupakan sebuah bentuk keamanan saat mengakses internet. Hal ini meliputi tindakan dari pengguna dalam mengatur dan mengontrol akses mereka dalam internet “. Lanjutnya.

Keamanan internet menjadi sesuatu yang sangat penting dan tidak bisa disepelekan. Banyak ancaman buruk yang dapat terjadi ketika mengakses internet. Salah satunya adalah kebocoran data atau informasi pribadi “. Tutupnya.  (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum