LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG TENGAH 3 – PROVINSI LAMPUNG

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Tengah-(HPN)- Selasa, 26 Oktober 2021, Jam 13.00 WIB ,Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital.

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Lampung yaitu, Ir. H. Arinal Djunaidi yang memberikan sambutan pembuka dan dukungan penuh untuk Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang “KETERAMPILAN DIGITAL DI ERA PANDEMI” oleh para narasumber yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang influencer yang akan ikut berpartisipasi.

Zulfikar Taqiuddin, S.Sn., M.T menjelaskan Hardware adalah Suatu komponen yang ada pada komputer, bisa dilihat secara kasat mata dan mampu di sentuh secara fisik, “Ucapnya.

Fungsi hardware antara lain untuk mendukung kinerja komputer sebagai pengolah data dan menampilkan input proses. Beberapa contoh hardware dalam komputer yaitu: Cpu, Monitor, Keyboard, Mouse, Hard disk, Scanner dan Printer. Software adalah kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan komputer bisa berupa program yang berguna untuk menjalankan suatu perintah, “Terangnya.

Baca Juga :  LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG TENGAH – PROVINSI LAMPUNG

Menurut Irma R. Permadi, ST menjelaskan Keterampilan digital adalah kemampuan untuk secara efektif dan efisien serta kritis menavigasi, mengevaluasi dan membuat informasi dengan menggunakan berbagai teknologi digital. Literasi Digital definisinya merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital., ” Paparnya.

Sinta Nurbaiti, S.Pd menjelaskan Pemanfaatan media sosial saat ini berkembang dengan luar biasa. Media sosial mengizinkan semua orang untuk dapat bertukar informasi dengan sesama pengguna media tersebut., ” Ungkapnya.

Perilaku penggunaan media sosial pada masyarakat Indonesia yang cenderung konsumtif, membuat informasi yang benar dan salah menjadi bercampur aduk. Arti hoaks adalah kabar, informasi, berita palsu atau bohong. Dalam KBBI disebutkan bahwa arti hoaks adalah berita bohong. Hoaks merupakan informasi yang direkayasa untuk menutupi informasi sebenarnya., “Tungkasnya.

Baca Juga :  Makodim 0429/Lamtim Dan Koramil Jajaran Apel Siaga Pengamanan Pemilu 2024

Menurut Khoirul Abror, M.Pd.I menjelaskan keterampilan atau kemampuan digital yang harus dimiliki untuk memulai usaha online adalah kemampuan membuat konten yang menarik, pemasaran, update status di akun media sosial, dan personal branding., ” Ujarnya.

Keuntungan menguasai keterampilan digital diantaranya, ruang lingkup pemasaran jadi lebih luas karena tidak terbatas kondisi geografis, penjualan produk bisa diakses kapan saja tidak terbatas waktu, dan statistik bisa dihitung, misalnya jumlah pengunjung situs dan jumlah konsumen yang melakukan pembelian online.

Diakhiri oleh Key Opinion Leader oleh Rio Hijau Daun sebagai Profesional Drummer, Pandemi mengubah cara kita belajar dan belajar, bertransaksi dan berinteraksi di berbagai bidang.

Untuk itu masyarakat harus bisa mempelajari dan meningkatkan pengetahuan serta kemampuan yang dimiliki dalam menggunakan teknologi digital, alat-alat komunikasi atau jaringan dalam proses menemukan, mengevaluasi, menggunakan dan membuat informasi.,” Pungkasnya. Jum’at, (29/10/21)  (*)

Dilaporkan oleh : safril