Senin, 29 November 2021, Jam 09.00 WIB
Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.
Gubernur Provinsi Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar BIJAK SEBELUM MENGUNGGAH DI MEDIA SOSIAL yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.
Keamanan digital adalah aktivitas atau tindakan yang dilakukan untuk mengamankan aset atau informasi digital individu atau kelompok di dunia maya. Cara mengamankan data private di dunia digital diantaranya double check aplikasi yang kita gunakan, perhatikan kekuatan kata sandi, jangan asal klik tautan, waspada terhadap fitur unduhan gratis, dan jangan simpan data rahasia di internet, menurut Allans Prima Aulia Dosen Prodi Bisnis Digital Univ. Fort De Kock, Bukittinggi. Wahyudi, S.Pd. Guru seni budaya SMAN 10 Bandar Lampung memaparkan media digital dalam menyebarkan kebudayaan Indonesia ini sangat penting untuk saat ini. Perputaran informasi yang cepat menyebabkan penyebaran informasi menjadi mudah untuk diakses terutama kaum muda yang menghabiskan waktu dan minat mereka di bidang media ini. Media digital yang dimaksud adalah internet, blog, jejaring sosial.
Dr. Rozi Sastra Purna, M.Psi., Psikolog menjelaskan tingginya jumlah pengguna internet di Indonesia memunculkan berbagai dampak di masyarakat. Dampak positif internet ialah mendukung kegiatan bisnis, mendukung kegiatan ekonomi, mendukung kegiatan pendidikan, dan mendukung kegiatan pemerintahan. Pengaruh negatif sudah sering dibicarakan di berbagai media, berupa pemuatan konten porno, perundungan atau bullying, perjudian, penipuan, pelecehan, pencemaran nama baik, berita bohong atau hoaks, dan lain-lain. Webinar diakhiri dengan Key Opinion Leader Nelly Carey sebagai Vocalist dan Influencer yang memberikan sharing session, bijak sebelum mengunggah di media sosial. Jadilah pelindung untuk diri sendiri, untuk keluarga dan lingkungan kita. Dalam dunia maya, tak ada lagi batas ruang, waktu dan jarak. Namun tetap ada batas norma, etika dan hukum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here