Nusa Tenggara,halopaginews.com

Kodam IX Udayana dengan Program pemasangan Pompa Hidran di Nusa tenggara dan sebagian Bali untuk mengatasi kendala ketersediaan air baku yang minim pada musim panas.

Dalam mengatasinya Kodam IX Udayana telah berupaya mengurangi kesulitan tersebut dengan membuat Program pemasangan pompa Hidran di beberapa sumber mata air permukaan.

Untuk meningkatkan kemampuan personil, Kodam IX Udayana memulai dengan Latihan bagi Bapinsa – Bapinsa untuk memahami cara kerja pompa serta konstruksi pemasangan yang terdiri dari sumber air, bak sadap, pompa hidram dan aturan primer dan sekunder.

 

Sumber air yang siapkan dialirkan ke posisi tertentu yang memungkinkan untuk diluncurkan ke pompa hidram, semakin curam luncurannya, maka hasil akhirnya akan lebih banyak dan lebih jauh.

Untuk Menjangkau posisi pemukiman dan lahan pertanian Babinsa Kodam IX Udayana dan masyarakat bahu-membahu menggelar selang dan membangun dudukan bak penampung di ketinggian ketinggian dan masyarakat sangat antusias sekali.

Baca Juga :  LITERASI DIGITAL KABUPATEN LAMPUNG TENGAH – PROVINSI LAMPUNG

sebagai Program awal TNI Angkatan Darat, dalam hal ini Kodam IX Udayana telah mengupayakan di semua titik sudah terpenuhi tampungan primer minimal 5000 liter.

Warga masyarakat Desa sangat bersyukur dan antusias adanya Program Hidran Kodam IX Udayana.

“karena air ini sudah dekat rumah kami” dan kami semua masyarakat menikmati air ini ”
” sudah sekian lama kami orang lama sangat – sangat haus sangat lapar dan pada kesempatan ini kami ucapkan banyak terima kasih”tutur beberapa warga sekitar.

Ditempat yang sama tokoh adat dan masyarakat mengutarakan bertapa sulitnya air di Desanya ,”Kami sangat terbantu adanya Program pompa Hidran, “Kami minum mandi dan ibu – ibu melahirkan kami cuci pakaian kotor disini dan karena saat itu belum ada ember kami beli satu tangki 10 ribu dan kalau jarak jauh kami beli 1 tangki 100 ribu, kalau di depan 70 ribu ,kalau sampai di desa kami 300 ribu,ungkap warga.

Baca Juga :  Partai UKM Indonesia Akan Launching Bendera Digital Serentak di Hari Sumpah Pemuda

“Kami sangat bersyukur karena dari mata air kolong bumi,air bisa mendaki begitu tinggi,kami begitu senang tidak buang kotoran lagi di Hutan ,dan sekarang sudah bisa langsung ke kamar kecil”

“kami hanya punya tenaga Kemampuan kami hanya di tenaga dan kami siap mau bantu sampai kapanpun, selama ini tahun 74 mungkin baru ini kami dekat dengan air,kami merasa sedih karena dari kecil kami jauh dari air,baru saja di tahun 2021 Kami dekat dengan air”,ungkap salah satu warga yang membantu upaya pemasangan pompa Hidran bersama Kodam IX Udayana.

Dalam Program Pemasangan Pompa Hidrant airnya juga di manfaatkan masyarakat untuk menanam sayur – sayuran seperti tomat dan ketimun.

Sebagian warga juga memanfaatkan air tersebut untuk berternak ayam, dan dengan adanya bantuan Program Pompa Hidran Kodam IX Udayana, warga sangat terbantu sekali, dengan harapan kedepan dapat meningkatkan perekonomian di masyarakat.

Editor Nurkholis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here