Foto, Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md. kembali bersilaturrahmi bersama Kelompok Peternak Sapi yang berada di wilayah binaan Kodim 0411/KM yaitu di Kampung Muji Rahayu dan Kampung Gayau Sakti Kecamatan Seputih Agung.
Foto, Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md. kembali bersilaturrahmi bersama Kelompok Peternak Sapi yang berada di wilayah binaan Kodim 0411/KM yaitu di Kampung Muji Rahayu dan Kampung Gayau Sakti Kecamatan Seputih Agung.

Lampung Tengah-(HPN)- Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md. kembali bersilaturrahmi bersama Kelompok Peternak Sapi yang berada di wilayah binaan Kodim 0411/KM yaitu di Kampung Muji Rahayu dan Kampung Gayau Sakti Kecamatan Seputih Agung,Lampung Tengah, Selasa (10/05/22).

Kegiatan tersebut merupakan realisasi sebagai upaya memperkuat ketahanan pangan di wilayah Kodim 0411/KM, dengan demikian masyarakat binaan akan terjaga dalam kestabilan pangan khususnya di bidang kebutuhan dan stok daging sapi.

Foto, Kodim 0411/KM
Foto, Kodim 0411/KM

Saat tiba di Kampung Muji Rahayu Dandim 0411/KM disambut oleh Kelompok Ternak Sapi Maju Bersama. Bernuansakan kekeluargaan Dandim beserta warga tampak melakukan dialog ringan dengan bahasan seputar peternakan/penggemukan sapi di wilayah tersebut.

Pada kesempatan tersebut perwakilan Gapoktan Pandiyono menceritakan sejarah berdirinya kandang kelompok ternak Maju Bersama dilanjutkan oleh Ketua Kelompok Ternak Maju Bersama Sukamto yang memberikan informasi seputar organisasi dan kegiatan kelompok ternak.

Tak tinggal diam, drh. Deddy Kristiyanto yang merupakan petugas penyuluhan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah. memaparkan beberapa tehnik dalam beternak sapi, juga sebagai menjembatani kepada Pemerintah Daerah Lampung Tengah.

Baca Juga :  Sekdes Desa Bumi Jaya di Panggil Polisi!! Perkara Lanjut Proses Hukum

Ketika melakukan tinjauan ke kandang sapi, Dandim mendapatkan paparan dari Petugas peternakan Kecamatan Seputih Agung Warsiati mengenai kesehatan sapi dan kendala-kendala yang biasanya dijumpai oleh Kelompok Ternak Maju Bersama.

Selanjutnya Dandim 0411/KM bertanya tentang stok pakan dalam mengelola ternak sapi, disana Dandim mendapatkan penjelasan dari PPL Humas Jaya Joko Prayitno yang merupakan perwakilan dari PT. Great Giant Livestock Company (GGLC) Lampung Tengah.

“Peternakan sapi potong merupakan bisnis yang minim resiko karena sapi potong lebih tahan penyakit dibandingkan dengan bisnis peternakan lainya seperti unggas.

Bisnis peternakan sapi potong adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan yang besar dan resikonya kecil atau bisnis yang mempunyai karakter low risk hight return. Keuntungan yang besar dari bisnis beternak sapi potong karena harga daging sapi yang tinggi dan permintaanya yang besar,”Ucapnya Joko.

Saat hendak meninggalkan Kampung Muji Rahayu, salah satu perwakilan tokoh masyarakat Sukamto mengucapkan terima kasih atas kinerja Babinsa Koramil 411-11/TB Sertu Supriyanto yang selalu mendampingi dan memberikan motivasi dalam kemajuan kampung Muji Rahayu.

Baca Juga :  Personel Kodim 0411/KM, Gelar Latihan Menembak Senjata Ringan Laras Panjang Jenis M16.A.1 dan SS 1

Bahkan saah satu peran terbesar Babinsa tersebut adalah sebagai pelopor terbentuknya kelompok peternak di kampung mereka, Sertu Supriyanto mendedikasikan pembinaan secara maksimal, terlihat dari masuknya ia di dalam struktur keorganisasian di kelompok Ternak tersebut di bidang humas.

Menanggapi hal tersebut, Dandim 0411/KM mengatakan “Saya selaku Dandim mendukung penuh kegiatan positif Babinsa di wilayah binaan, saya juga akan terus meningkatkan sinergitas bersama Pemerintah Daerah maupun pihak terkait lainnya, dengan tujuan memajukan kegiatan yang sangat positif ini,” ucapnya.

Selanjutnya Dandim 0411/KM bersilaturrahmi ke Kelompok Ternak Kampung Gayau Sakti dan disambut oleh Kakam Gayau Sakti Maksum, Ketua Kelompok Ternak Maju Jaya Harsoyo beserta anggota.

Usai beramah tamah Dandim melihat langsung aplikasi pemotongan, penggilingan dan pemberian pakan rumput yang dilakukan oleh anggota kelompok ternak, tidak lupa Dandim melihat langsung praktik kawin suntik yang dilakukan oleh Petugas peternakan Kecamatan Seputih Agung Warsiati. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here