Guna Mewujudkan Ketahanan Pangan, Kodim 0411/KM Buka Lahan Jagung Hingga Panen Raya

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Tengah-(HPN)- Guna mewujudkan Ketahanan Pangan di wilayah Kodim 0411/KM salah satunya di Kabupaten Lampung Tengah, dilaksanakan kegiatan Panen Raya Jagung yang berlokasi di Dusun 2 Kampung Rama Nirwana Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah. Rabu (26/10/2022)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Ruslan Effendy,S.I.P. diwakili Kasrem Kolonel Inf Prasetyo, Bupati Lamteng Hi. Musa Ahmad,S.Sos.,M.M., Asisten 1 Adi Sriyono,S.E,.M.M. Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md., Kapolres Lamteng AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, S.I.K.,M.Si diwakili Kapolsek Seputih Raman, AKP Admar,S.Pd. Ketua Persit KCK Cab XXXI Kodim 0411/KM Ny. Linda Sihono, Kadis Pertanian Jumali, Perwira Staf beserta jajaran Danramil, Camat Seputih Raman I Made Suryana,S.Ip., Kakam se Kecamatan Seputih Raman, Ketua Gapok Tan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Anggota Kodim 0411/KM beserta Babinsa Koramil 411-06/SR..

Saat memberikan sambutan, mewakili Danrem 043/Gatam, Kasrem Kolonel Inf Prastyo mengatakan, “Program ketahanan pangan terdiri dari berbagai jenis tanaman, seperti jagung, nanas, padi dan berbagai tanaman,” ucapnya.

“Sesuai dengan data yang diterima, panen raya padi di Kecamatan Seputih Raman untuk tahap pertama ada seluas LK 4 Ha dari total 60 Ha panen jagung,” lanjutnya.

“Terima kasih kepada gabungan kelompok tani maupun pendampingan Babinsa dari Koramil 411-06/SR Kodim 0411/KM atas jerih payahnya, mulai dari membuka lahan, menanam hingga pelaksanaan penen raya” ujar Kasrem.

“Kerja keras seluruh kelompok tani dan pembinaan yang dilakukan Kodim 0411/KM ini tentunya secara langsung telah memberikan kontribusi kepada daerah, Provinsi Lampung dan juga Kabupaten Lamteng terhadap kebutuhan pangan,” terangnya.

Baca Juga :  Personel Kodim 0411/KM Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Krakatau 2022, di Polres Kota Metro

Peran TNI dalam tatanan pangan itu adalah wujud dari kemanunggalan TNI dengan rakyat di daerah dengan tujuan meningkatkan perekonomian sebagaimana kebijakan Presiden RI untuk menjaga perekonomian nasional agar tetap stabil,” pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut Bupati Lamteng Hi. Musa Ahmad,S.Sos.,M.M dalam sambutannya mengatakan, “Kegiatan petani merupakan prioritas bagi pemerintah daerah, karena untuk kepentingan ketahanan pangan khususnya di wilayah Kecamatan Seputih Raman,” ucapnya.

“Ketahanan pangan yang sudah baik ini semoga bisa dilanjutkan, jika belum baik, mari kita tata bersama-sama dengan petaninya, dan jika sudah baik kita pertahankan, karena saat ini kelompok tani merupakan pasukan terdepan dalam ketahanan pangan, dan saya harapkan para petani agar dapat meningkatkan kesejahteraannya dan juga masyarakat tentunya,” paparnya.

“Tentunya kami juga sangat berterima kasih kepada Pak Dandim atas binaannya kepada kelompok tani kami yang ada disini melalui para Babinsa, sehingga para petani dapat berhasil, Panen Raya ini adalah salah satu bentuk TNI bermanunggal dengan rakyat,” lanjutnya.

“Kami selaku pemerintah daerah akan terus memberikan dukungan dalam pengembangan pertanian jagung, padi dll baik dalam segi bantuan peralatan, pupuk maupun bibit jagung,” tutupnya.

Salah satu Ketua Gapoktan, Nyoman Sudiasa mendampingi petani a.n. Daliman mengucapkan terima kasih atas pendampingan Babinsa selama ini, “Sebelum panen jagung ini, saya yang hanya memiliki 1 Ha sawah yang ditanami jagung, hasilnya 6 ton, setelah didampingi pak Babinsa hasil kami kali menjadi 8 Ton,” ucap Daliman.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi Daliman menjelaskan, “Setelah didampingi pak Babinsa, kami sebagai petani menjadi kompak dan lebih semangat, mulai dari pengolahan, pemupukan dan pemeliharaan, makanya antisipasi hamapun bisa kami lakukan sejak dini,” terangnya.

Baca Juga :  Penambangan Pasir di Desa Sriwijaya, Diduga Tidak Mengantongi Surat Izin Galian C

“Harapan kami agar pak Babinsa mau untuk terus mendampingi kegiatan seperti ini, dan kepada Pemerintah kami memohon dengan meningkatnya hasil panen jagung kami ini diimbangi dengan harga jual yang disesuaikan, karena sayang jerih payah Babinsa dan petani bila hasil penen meningkat namun harganya anjlok” tutupnya sambil tersipu malu.

Sementara itu disela-sela pendampingannya kepada Kasrem 043/Gatam, Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono,A.Md., saat bersilaturrahmi ke kediaman Kakam Rama Nirwana mengatakan, “Kodim 0411/KM telah berupaya mendampingi kegiatan tanam jagung di wilayah binaan, salah satu contohnya di Kampung Rama Nirwana ini, dimana dari hasil sebelumnya petani merasakan meningkat 2 ton perhektarnya,” ucap Dandim.

“Hal tersebut salah satu realisasi keseriusan kami sebagai Satuan Teritorial mewujudkan ketahanan pangan di wilayah binaan, mulai dari membantu pembajakan lahan, penyemprotan gulma/rumput sampai pada penyediaan bibit dengan berkoordinasi bersama pihak PT Pusri yang mana juga membantu penyediaan pupuknya,” lanjutnya.

“Selain di Kampung Rama Nirwana yang barusan kita laksanakan panen raya dengan total garapan seluas 60 Ha, kami juga sudah melaksanakan panen raya di Kampung Restu Buana yang mana pembinaan ketahanan pangan di sana seluas 140 Ha.

“Jadi total upaya kami mendampingi petani dalam menanam jagung semuanya seluas 200 Ha dengan masing-masing meningkat menjadi 8 Ton hasil panen per Hektarnya,” pungkasnya. (Rilis/E)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum