Bawaslu Metro Melantik 15 Personil Panwaslu Se-Kecamatan Kota Metro

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Kota Metro -(HPN)- Sebanyak 15 personil Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Se-Kota Metro dilantik. Pelantikan berlangsung di Aidia Grande Hotel, Kota Metro. Jumat malam, pukul 20.27 WIB, 28 Oktober 2022.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Metro, Mujib menjelaskan, penetapan 15 personil Panwaslu kecamatan telah melalui tahapan dan sesuai ketentuan yang diamanatkan oleh undang – undang Republik Indonesia. Sebelumnya, ada sekitar 120 peserta yang mendaftar anggota Panwaslu Kecamatan Kota Metro untuk Pemilu serentak 2024.

β€œBawaslu Kota Metro melantik 15 anggota Panwaslu untuk Kecamatan se-Kota Metro. Di mana satu kecamatan diisi masing-masing 3 (tiga) orang personil. Alhamdulillah tahapan rekrutmen kita sudah kita lakukan dan berjalan lancar,” terangnya.

Baca Juga :  Jalin Sinergitas Pimred Halopaginews Dengan Wakil Bupati Lamtim

Dalam arahannya, Mujib menyampaikan agar anggota Panwaslu Kecamatan yang dilantik hari ini mulai berfokus pada pelaksanaan tugas yang tercantum dalam Undang-undang Nomor 7 pasal 105 tahun 2017 tentang pemilu. β€œMulai hari ini anggota Panwaslu Kecamatan tidak ada lagi waktu untuk bersantai-santai. Mulai fokus pada tugas kita sebagai pengawas pesta demokrasi di Kota Metro,” tegasnya.

Selanjutnya, Mujib menekankan agar anggota Panwaslu Kecamatan yang baru saja dilantik wajib membentuk Panwaslu Kelurahan paling lambat 1-2 bulan. Hal ini guna pengoptimalan pengawalan agenda-agenda Komisi Pemilihan Umum (KPU). Salah satunya yakni pengawasan verifikasi faktual Parpol.

Dia mengingatkan, bahwa pengawas pemilu memastikan dan wajib menjaga NKRI terusik dengan agenda-agenda Pemilu. Karena menurut dia, berdasarkan pengalaman, demokrasi yang suci dan bersih akan sangat rawan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab terutama bagi mereka yang suka menebarkan hoaks.

Baca Juga :  Walikota Metro, Ikuti Historical Walking Tour Yang di Gelar Ikatan Dokter Indonesia

β€œPengawas pemilu harus memahami tugas dan melaksanakannya dengan benar. Panwaslu harus berani dan tegas, jangan sampai NKRI terganggu pada pesta demokrasi 2024 nanti. Pesan saya, Panwaslu selalu berkoordinasi dengan para stakeholder dalam tugas pengawasan. Hindari bersitegang,” pesannya.

Atas nama Bawaslu Kota Metro, Mujib juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah, Forkopimda dan Muspika setempat atas bantuan dan koordinasi selama proses rekrutmen anggota panwaslu panitia kecamatan di Kota Metro. Mujib memastikan Pemilu 2024 kota metro dilaksanakan sebaik-baiknya sesuai undang-undang. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum