Walking Tour Kota Solo Menjadi Pembuka Rangkaian Rakornas Genpi

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

SURAKARTA-(HPN)- Rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Generasi Pesona Indonesia (GenPI) yang berlangsung di Kota Solo telah mulai dilaksanakan sejak Jumat (04/11) sore hari. Rangkaian kegiatan Rakornas yang direncanakan akan berlangsung hingga Minggu, 6 November 2022 ini dimulai dengan kegiatan β€œWalking Tour Kota Solo”.

Mengambil titik start di halaman parkir Novotel Surakarta, puluhan peserta Rakornas GenPI yang berasa dari berbagai daerah di seluruh Indonesia diajak memanjakan mata mengelilingi kota Solo dengan konsep yang berbeda, yaitu Tur Jalan Kaki atau Walking Tour.

Konsep Walking Tour menjadi pilihan oleh panitia penyelenggara karena panitia merasa bahwa keindahan Kota Solo harus dinikmati dengan santai dengan melewati jalan-jalan serta gang-gang kecil yang ada di tengah kota. Karena di gang-gang inilah makna dari kata Solo The Spirit of Java itu dapat dirasakan dan dinikmati.

β€œIni merupakan sebuah konsep yang sengaja diberikan bagi kawan-kawan GenPI yang hadir pada Rakornas ini. Selain ingin memberikan konsep yang berbeda, karena kami percaya bahwa keindahan dari Kota Solo ini harus dinikmati dengan santai dan salah satunya adalah melalui Walking Tour ini. Karena di jalan-jalan dan gang-gang yang akan dilewati inilah kawan-kawan dapat menemukan makna dari kata Solo The Spirit of Java”, ungkap Ghera.

Baca Juga :  Menteri Parekraf Sandiaga Uno Buka Rakornas Generasi Pesona Indonesia

Terdapat beberapa titik yang dilewati oleh para peserta Walking Tour yang didukung oleh Badan Otorita Borobudur (BOB) dan jenama ponsel OPPO. Yaitu, menikmati historis mural di sekitar jalan Ngarsopuro yang tengah direvitalisasi. Setelah itu mengenang nilai-nilai sejarah di Pura Mangkunegaran hingga Pasar Triwindu.

Lalu rombongan melanjutkan perjalanan ke Koridor Gatot Subroto atau lebih dikenal dengan sebutan Gatsu, kemudian mengunjungi Kampung Batik Kauman untuk melihat bagaimana Kota Solo ini begitu serius dalam memfasilitasi para pengrajin serta berupaya untuk tetap menjaga warisan budaya.

Selama Walking Tour berlangsung, para peserta tidak hanya diajak untuk melihat-lihat, melainkan para peserta juga diajak untuk mendokumentasikan aktivitasnya baik melalui foto maupun video.

Baca Juga :  Sumpah Janji Pelantikan BPD Desa Karang Sari dan Pagar Dewa

Dikarenakan panitia juga menyediakan berbagai hadiah menarik bagi para peserta yang mengunggah keseruannya selama walking tour berlangsung di sosial media. Nantinya beberapa peserta terpilih akan mendapatkan hadiah yang disediakan oleh OPPO berupa Smartwatch hingga ponsel pintar OPPO.

Walking tour ini berlangsung selama kurang lebih tiga jam, dengan destinasi penutup yaitu Kampung Wisata Baluwati, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Pusat Kuliner Kota Solo Gladak Langen Bogan (Galabo) untuk menikmati kuliner-kuliner khas kota Solo.

Walking Tour hanyalah pembuka dari beragam keseruan yang akan ada selama Rakornas GenPI berlangsung hingga minggu, 6 November mendatang. Keesokan harinya kegiatan Rakornas GenPI direncanakan akan dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno. (Rilis)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum