DPD SPRI Lampung Laksanakan Diklat Jurnalis di Bandar Lampung

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Bandar Lampung-(HPN)- DPD SPRI Lampung Laksanakan Diklat Jurnalis Bandar Lampung, Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) selalu konsisten dengan program kerjanya untuk meningkatkan mutu dan profesionalitas jurnalis /wartawan yang menjadi pengurus dan anggota di setiap provinsi dan kabupaten secara berkelanjutan.

Mengacu pada hal tersebut, Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pers Republik Indonesia (DPD-SPRI) Provinsi melaksanakan Pendidikan Kilat (Diklat) Jurnalistik untuk wartawan muda reporter di Sekretariat DPD SPRI Lampung, Sabtu (19/11/2022) lalu.

Kegiatan yang diikuti wartawan muda reporter dari berbagai daerah di Provinsi Lampung dibuka secara resmi oleh Ketua DPD SPRI Lampung, Dewi Martha Soetrasno, SE.

Dalam sambutannya, Ketua DPD SPRI Lampung meminta kepada peserta untuk sungguh-sungguh menyimak apa yang akan disampaikan para pengisi materi.

Saya harap peserta menyimak dengan sungguh-sungguh materi yang nanti disampaikan para tutor, karena selain sebagai ajang penambah wawasan tentang jurnalistik, pelatihan ini juga akan menjadi titik awal untuk menuju mempersiapkan diri menuju Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) oleh LSP Pers Indonesia, dan nantinya akan terakreditasi BNSP,” ujar dia.

Baca Juga :  DPD RI, AEKI dan LMP Lampung Push Produktivitas UMKM di Lampung

Masih menurut Dewi Martha, sejauh ini DPD SPRI Lampung sudah tiga kali melaksanakan diklat jurnalis untuk tingkat wartawan muda reporter dimana program ini menjadi agenda rutin DPD SPRI dan akan dilaksanakan di setiap kabupaten.

Salah seorang pengiriman materi pelatihan yang telah sertifikat kompeten dari BNSP, Zainal Arifin yang juga Wakil Ketua DPD SPRI Lampung, menyampaikan perlunya perencanaan dan persiapan dalam sebelum melaksanakan peliputan sebuah berita.

Persiapkan diri dalam peliputan, jangan sampai saat sedang meliput kita justru bingung dan terkendala dengan hal-hal yang akan mengganggu tugas kita dalam memburu informasi yang akurat untuk masyarakat,” ucap dia.

Sementara, Sekretaris DPD SPRI Lampung, Andi. M Nurdin S.Kom, yang juga bertindak sebagai pemateri menekankan pada tekhnik penulisan berita yang baik dan benar sesuai kaidah-kaidah jurnalistik.

Baca Juga :  Wagub Lampung Chusnunia, Dukung Kejuaraan Internasional World League Surf Krui Pro Tahun 2022

“Wartawan adalah orang-orang cerdas, professional dan penuh dengan kreatifitas. Sebagai seorang wartawan tentunya harus memiliki kemampuan menyajikan sebuah berita yang akurat, tersusun dengan apik kosakatanya, serta data yang berimbang. Oleh karenanya diperlukan tekhnik yang baik untuk menghasilkan sebuah karya jurnalis yang baik,”kata dia.

Pimpinan Umum Media Faktual Hukum, Agus Tio, SmHK, SE yang menjadi salah seorang peserta mengatakan kegiatan seperti ini harus lebih ditingkatkan dan diperbanyak karena para wartawan muda reporter akan semakin baik jika sering mendapat ilmu pengetahuan dalam semua hal terkait dengan tugasnya sebagai seorang wartawan.

“Saya sangat mendukung diklat jurnalis seperti ini, selain sebagai modal utama para jurnalis pemula untuk dapat meningkatan kemampuannya pada level yang lebih baik.

Kita berharap setelah ditingkat tingkat dasar ini, dilanjutkan dengan tingkat selanjutnya yaitu madya dan utama,”ujar Agustio. (**)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum