Garjas Periodik Dan UKP Di Gelar Kodim 0429/Lamtim

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Komando Distrik Militer (Kodim) 0429/Lamtim menggelar tes Garjas (Kesegaran Jasmani) Periodik semester I dan tes Garjas Usul Kenaikan Pangkat (UKP), di lapangan stadion 24 Tejosari, Metro Timur, Kota Metro, Rabu (24/5/2023).

Sebelum pelaksanaan garjas, anggota harus menjalani tensi atau mengukur tekanan darah masing-masing termasuk kegiatan pemanasan, dimaksudkan agar dalam pelaksanaan kesegaran jasmani tidak terjadi kram, cidera bahkan hal-hal lainnya yang tidak diinginkan.

Beberapa tes Garjas yang dilaksanakan meliputi samapta A dan B yang terdiri dari materi lari 12 menit, sit up, push up, pull up, dan shuttle run serta tes dasar renang militer. Dan disupervisi langsung oleh Tim Garjas Korem 043/Gatam.

Baca Juga :  Awali Pagi Hari, Babinsa 429-02/WB Dampingi Sekolah Untuk Senam Pagi

Komandan Kodim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH mengatakan, pelaksanaan Garjas periodik ini sebagai tolak ukur pembinaan satuan dalam bidang personel.

“Dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit sekaligus mengukur kemampuan kesamaptaan jasmani seorang prajurit secara berkala”, ujar Dandim.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan,”Garjas juga merupakan salah satu syarat bagi seorang prajurit untuk mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi. Dengan syarat nilai harus sesuai dengan standar kelulusan yang telah ditentukan,” pungkasnya.

Baca Juga :  Jiwaku Penolong, Polres Lamtim Dan CT ARSA Bantu Fasilitasi Operasi Tumor Untuk Dilan

Pada kesempatan yang sama, Pasipers Kodim 0429/Lamtim Lettu Arm. J. Sigit menambahkan agar personel yang terlibat Garjas A dan B maupun renang militer dasar mengutamakan faktor keamanan.

“Sehebat apapun kegiatan jika ada insiden berarti gagal. Oleh karenanya faktor keamanan personel maupun materil lebih utama,” jelasnya. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum