Babinsa Berikan Materi Wasbang 200 Siswa Jambore Ranting Purbolinggo

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Peserta perkemahan Jambore Ranting Purbolinggo dibekali materi Wasbang dan Bela Negara oleh Babinsa Koramil 429-06/Purbolinggo Serda Ikhsanudin, Jum’at malam (29/9/2023).

Kegiatan yang diikuti sebanyak 200 Siswa ini berlangsung di SKB Desa Taman Asri, Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur.

Pramuka singkatan dari Praja Muda Karana, merupakan organisasi pendidikan nonformal yang bertujuan untuk membentuk karakter, kepribadian, dan keterampilan generasi muda Indonesia melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan di alam terbuka.

Pramuka di Indonesia merupakan salah satu organisasi kepanduan tertua di dunia, didirikan pada tanggal 14 Agustus 1961. Kegiatan pramuka di Indonesia meliputi kegiatan belajar, berlatih, dan berbuat yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Pramuka terbuka untuk semua lapisan masyarakat Indonesia tanpa memandang ras, agama, atau status sosial.

Baca Juga :  Ketua SMSI Lampung Minta Pengelola Pelabuhan Merak-Bakauheni Dievaluasi

Dihadapan para siswa, Babinsa Serda Ikhsanudin mengatakan, Di era millenial ini sangatlah penting menanamkan pemahaman wawasan kebangsaan pada diri generasi muda karena sumber potensial dimasa yang akan datang.

Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Generasi muda merupakan potensi bangsa yang dipersiapkan untuk dapat berprestasi dan memberikan sumbangan nyata bagi pembangunan Bangsa dan Negara. Bila pemahaman wawasan kebangsaan meningkat maka keutuhan persatuan dan kesatuan NKRI akan menjadi kuat karena dengan sadar muncul semangat dan dorongan hati untuk mencintai tanah air, membela dan menjaga keutuhan NKRI.

“Generasi muda merupakan generasi penerus yang ekstensinya sangat menentukan langkah kehidupan masyarakat, bangsa dan negara kedepan. Untuk itu generasi muda diharapkan mampu memberikan kontribusi sesuai dengan kapasitasnya masing masing”, ujar Babinsa.

Baca Juga :  Jaga Situasi Aman Di Lamtim, 87 Personil Gabungan Laksanakan Patroli Skala Besar

Lebih lanjut Babinsa menambahkan, Banyak faktor yang mempengaruhi mental generasi muda, seperti faktor pergaulan dan sosial media serta penyalahgunaan narkoba.

β€œPahami dan amalkan apa yang sudah didapatkan hari ini, jadilah motivator bagi teman-temannya tetang wawasan kebangsaan. Persatuan dan kesatuan serta rasa nasionalisme harus dipegang teguh, jangan sampai terjebak dengan pergaulan yang tidak benar apalagi sampai terjerumus dengan narkoba”,

β€œKarena narkoba merupakan alat untuk melemahkan generasi muda kita, karena sangat berpengaruh pada generasi penerus bangsa, maka dari itu kita harus bersatu dan menjauhi barang haram tersebut,” pungkasnya. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum