Purnomo Budidaya Tanam Bibit Alpokat SIGER Di Lampung Timur

Foto, Kasat Binmas Polres Lampung Timur

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Salah satu seorang Warga Desa Bauh Gunung Sari, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur melakukan budidaya bercocok tanam pembibitan bibit Alpokat SIGER. kegiatan ini dilakukan sebagai upaya ketahanan pangan.

Kali ini, Purnomo warga Dusun V, Desa Bauh Gunung Sari, melakukan edukasi mengenai cara penanaman bibit alpukat SIGER. Selain itu ada beberapa jenis bibit Alpokat.

Purnomo juga mengedukasi tersebut meliputi pemilihan bibit, menyediakan lubang, dan pemberian pupuk yang tepat. dengan menyulap pekarangan rumah menjadi lahan hijau

“Kami di lampung timur mengemban amanat bahwa kita harus mengangkat alpokat unggulan di lampung timur, namanya ujung tombak dari alpokat SIGER, “kata Purnomo Pengusaha Bibit Alpokat kepada awak media Halopaginews.com. Sabtu (31/9/23).

Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Selain SIGER untuk kepentingan RHL dan lain- lain kita juga memenuhi kepentingan umum , misalnya Pangeran, Aligator, Micki, Markus, Wina, Avinina, dan lain-lain. Ada sekitar 50 jenis bibit Alpokat yang kita kembangkan.

Untuk penjualan bibit harga normalnya standar kita jual 1 bibit alpokat jenis SIGER Rp.25.000,- ribu per batang dan kalau harga relatif ya, “tuturnya.

Baca Juga :  Hujan Lebat disertai Angin Kencang, Sebuah Mobil Truck Tertimpa Tiang Listrik

Dia menambahkan, Untuk target 10 ribu batang bibit alpokat per tahun, dan penjualan nya selain untuk RHL kehutanan, kami juga melayani untuk umum termasuk ke desa-desa, kalau di lampung sudah banyak peminatnya. Bahkan sampai keluar lampung pulau jawa hingga ke sorong, sulawesi, kalimantan, ke Bali,dan bangka belitung, ” terangnya.

Sementara ini, untuk bibit ini kan penjualannya masih pasang surut dan jatuh bangun. Kami memulai dari tahun 2005 saat itu penanaman dari bibit kakau ,sawit,karet,jeruk dan lainnya. Untuk 2 -3 tahun terakhir ini terkonsentrasi dengan bibit alpokat SIGER, karena banyak peminatnya,”

Selain itu tergantung permintaan pemasaran seperti apa, petani juga gak kita lepas dan kalau berkenan, kami juga siap mendampingi petani dalam hal budidaya bibit alpokat sampai pemasaran, “pungkasnya.

“Kami berharap dengan penanaman bibit alpokat ini bisa meningkatkan perekonomian untuk keluarga dan masyarakat secara umum. Sehingga budidaya tanam bibit alpokat ini akan menjadi hal biasa dan bisa memberikan peningkatan pasar industri, serta memberikan kontribusi yang lebih baik untuk masyarakat, ” Harapnya.

Baca Juga :  Sat Narkoba Polres Lampung Timur, Amankan Seorang Pemuda Bandar Sribhawono

Sementara itu, yang kami ketahui, sesuai kapasitas pak Kasat Binmas Polres Lampung Timur Akp Suryadinata,SH,.karena beliau sering selalu turun kebawah intensif dengan komunitas-komunitas pertanian, baik itu dari menanam bibit dan hingga perdagangan bibit alpokat.

Pak Kasat Binmas pun memiliki sendiri memproduksi bibit alpokat itu lumayan banyak, kalau targetnya sampai akhir tahun 10000,-ribu batang bibit alpokat SIGER, ” Kata Purnomo.

Yang sekarang ini 4000,-ribu batang bibit alpokat SIGER. Kemudian dia menanam bibit alpokat SIGER di batu badak,rencana mauΒ  tanam 2 hektare 1200 bibit alpokat untuk populasinya, jarak tanam 5×5 meter, “jelasnya.

Selain itu, beliau juga memberikan bibit alpokat ke masjid, ke warga,para janda-janda tua, dan sahabat karib untuk memperkenalkan produk bibit alpokat SIGER, selain itu beliau juga diluar kedinasan mempunyai bakat di dunia pertanian,itu sangat luar biasa, “tuturnya Purnomo.

“Jika anda butuh pemesanan berbagai jenis bibit alpokat hubungi :kontak WA: +62 822-8120-2721 Purnomo.Β  Β (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum