Dandim 0429/Lamtim Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Komandan Kodim (Dandim) 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH bertindak selaku Inspektur Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, bertempat di lapangan Apel Makodim, Jl. Soekarno-Hatta, Desa Mataram Marga, Kecamatan Sukadana, Lampung Timur, Minggu (1/10/2023).

Bertugas selaku Perwira Upacara, Lettu Arm J. Sigit Indratno, Komandan Upacara Kapten Inf M.Sadri, pembaca Do’a Lettu Kav. Aprizal, pembaca pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 Lettu Inf. Sugiantoro serta pembaca Ikrar Letda Inf Iin Suryadi.

Indonesia merayakan Hari Kesaktian Pancasila setiap 1 Oktober. Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan Presiden Soeharto setelah peristiwa Pengkhianatan G30S/PKI pada 1965.

Baca Juga :  Wabup Azwar Hadi Sambut Pelepasan Satwa Liar Di Taman Nasional Way Kambas Lamtim

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini untuk mengenang Pancasila sebagai dasar negara yang selalu teguh meski ada upaya untuk menjatuhkannya.

Peringatan ini juga sebagai tanda penghormatan untuk para pejuang yang gugur dalam mempertahankan Pancasila dalam peristiwa Pengkhianatan G30S/PKI.

Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH mengajak kepada seluruh Prajurit momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila menundukkan kepala sejenak untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah mempertaruhkan jiwa dan raga mereka demi tegaknya Pancasila.

“Keteladan mereka harus senantiasa kita contoh
dan kita ikuti, agar keanekaragaman bangsa Indonesia tetap terjaga di tengah gempuran arus globalisasi, kemajuan teknologi”, ujar Dandim.

Baca Juga :  Cegah Banjir Dan Munculnya Wabah Penyakit, Kodim 0429/Lamtim Gelar Karbak

“Mari kita sambut Hari Kesaktian Pancasila dengan semangat yang penuh kebanggaan dan tekad yang kuat untuk selalu menjaga nilai-nilai luhur Pancasila demi tercapainya cita-cita negara Indonesia. Mari kita amalkan Pancasila agar Bangsa Indonesia mampu untuk terus melaju menuju Indonesia maju”, tegasnya.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 diikuti oleh seluruh Perwira Staf, Danramil jajaran personil Bintara dan Tamtama serta PNS Kodim 0429/Lamtim. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum