Uji Kemampuan Fisik, Kodim 0429/Lamtim Gelar Garjas Periodik II

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Dalam rangka memelihara dan membina serta menguji kemampuan fisik secara berkala, Kodim 0429/Lamtim melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik II tahun 2023. Bertempat lapangan Stadion Tejosari, Kota Metro, Kamis (2/11/2023).

Garjas Periodik ini merupakan program rutin dari Komando Atas, tujuannya untuk mengecek dan meningkatkan kemampuan fisik para prajurit agar dapat menjalankan berbagai tugas pokoknya berjalan dengan lancar dan maksimal.

Pelaksanaan Garjas ini meliputi Samapta A yakni lari 12 Menit kemudian dilanjutkan Samapta B yaitu Pull Up, Sit Up dan Push Up, selama 1 menit serta Shuttle Run serta ketangkasan renang dasar 50 M.

Baca Juga :  Dandim 0429/Lamtim Hadiri Rapat Paripurna Pelantikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lamtim Sisa Jabatan 2019-2024
Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Sebelum pelaksanaan, seluruh personel yang terlibat Garjas terlebih dahulu di cek tensi dan kesehatannya oleh Tim Kesehatan Poskesdim 0411/KM, pengisian blangko Samapta yang dilanjutkan dengan senam peregangan dan pemanasan.

Dandim 0429/Lamtim melalui Pasipers Lettu Arm. J. Sigit mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan, membina kemampuan fisik serta mengukur kemampuan para personel dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas pokok.

“Tes Kesegaran Jasmani merupakan program dari Komando atas yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI AD, khususnya Kodim 0429/Lamtim. Untuk mengukur sejauh mana keberhasilan pembinaan fisik ditengah kesibukan menghadapi tugas sebagai prajurit Teritorial”, ujarnya.

Baca Juga :  Sinergi TNI-Polri Gelar Serbuan Vaksinasi Perdusun Cegah Kerumunan

Lebih lanjut Pasipers mengatakan, Garjas juga untuk menunjang bagi prajurit yang akan melaksanakan Usul Kenaikan Pangkat (UKP). Termasuk sebagai kelengkapan administrasi mengikuti pendidikan dalam alih golongan, serta program lainnya.

Pihaknya juga menekankan bagi seluruh personel yang akan melaksanakan tes kesegaran jasmani, agar melaksanakannya dengan serius namun tetap memperhatikan faktor keamanan.

“Laksanakan Garjas ini dengan penuh semangat dan serius namun faktor keamanan lebih utama, pedomani apa yang disampaikan dari tim Jasrem 043/Gatam agar tidak terjadi hal-hal yang sifatnya fatal sehingga merugikan bagi prajurit”, tegasnya. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum