Hari AIDS Sedunia 2023, Dinas Kesehatan Kota Metro, Lakukan Tes HIV Para Remaja

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Kota Metro-(HPN)- Wakil Wali Kota Metro Drs.H. Qomaru Zaman, membukaan acara Peringatan Hari HIV/AIDS (HAS) Se-dunia Kota Metro Tahun 2023, yang berlangsung di Aula PGSD UNILA Margorejo Metro Selatan, Jumat (01/12/2023).

Berdasarkan laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) komunitas yang bergerak menyediakan layanan dukungan, pencegahan, pengujian dan pengobatan, promosi kesehatan, memantau kebijakan, serta menjaga akuntabilitas penyedia layanan mengatakan bahwa dunia dapat mengakhiri AIDS jika komunitas-lah yang memimpin.

Tema Hari AIDS Sedunia 2023 “Let Communities Lead” dan tema Hari AIDS Nasional “Bergerak Bersama Komunitas, Akhiri AIDS 2030” ini lebih dari sekadar perayaan pencapaian komunitas atau masyarakat, tapi juga seruan untuk memberdayakan dan mendukung masyarakat dalam peran kepemimpinan mereka.

Untuk itu, pada Peringatan Hari HIV/AIDS (HAS) se-dunia di Kota Metro Tahun 2023 Dinas Kesehatan Kota Metro, melakukan tes HIV kepada para remaja serta penyuluhan agar dapat meningkatkan pentingnya kesadaran dan perilaku hidup sehat.

Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Dr. Eko Hendro Saputra, ST.,M.Kes, Peringatan Hari HIV/AIDS (HAS) se-dunia Kota Metro Tahun 2023, telah bekerjasama dengan kelompok-kelompok yang peduli HIV/AIDS yang ada di Kota Metro.

Baca Juga :  Ketua DPC AJOI Kota Metro Bersama Jajaran Pengurus Silaturahmi di Pembina AJOI Kota Metro

Saat ini kasus HIV/AIDS di Kota Metro ada 85 yang kita teruskan pengobatannya dan di beri edukasi, termasuk kepada masyarakat,”ucapnya.

Eko juga mengatakan bahwa saat ini HIV atau AIDS menjadi masalah global yang cukup banyak menyebar ke hampir seluruh negara di dunia.

“Oleh karena itu, pada hari ini Kota Metro melakukan penguatan pada kita semua, mengingatkan pentingnya pencegahan HIV/AIDS supaya ke depan bisa mengendalikan sekecil-kecil mungkin di Kota Metro, karena kita kota pendidikan,”tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro, juga menilai pendidikan dan kesehatan memainkan peran penting dalam mencegah penyebaran HIV.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Metro Drs. H. Qomaru Zaman, MA menilai tema global Hari AIDS Sedunia 2023 yaitu Let Communities Lead dan tema Hari AIDS Nasional bergerak bersama Komunitas untuk mengakhiri AIDS pada tahun 2030 dengan mengambil langkah-langkah yang tepat.

“Ini merupakan momentum yang sangat penting untuk menghadirkan Kota Metro ini bebas dari HIV dengan memberikan penguatan,”terangnya.

Foto, Forkopimda
Foto,Istimewa

Qomaru Zaman juga menekankan bahwa sebagai bagian dari pencapaian Ending AIDS Peran Dinas Kesehatan dan Komunitas sangat diperlukan untuk melihat bahwa HIV itu sangat berbahaya bagi tubuh dan mendukung Transformasi Layanan Primer.

Baca Juga :  Peringatan HUT TNI ke77, Walikota Cup III Metro Run 12 K Tahun 2022

Menurutnya, mengakhiri HIV/AIDS dapat dilakukan semua ikut bergerak baik pemerintahannya, komunitas dan pers jika kita melakukan berbagai tindakan yang efektif dan terarah.

“Untuk itu, saya mengapresiasi kegiatan ini yang digagas oleh Dinas Kesehatan dan temen-temen komunitas HIV dan AIDS,”ujarnya.

Sebagai Wakil Wali Kota Metro, Qomaru Zaman berpesan kepada seluruh masyarakat untuk menjauhi HIV dan AIDS yang berbahaya untuk tubuh dengan melakukan pencegahan sejak dini.

“Saya bersyukur atas nama pemerintah bisa terselenggaranya kegiatan Hari HIV/AIDS (HAS) se-dunia pada 1 Desember di Kota Metro dengan baik,”tuturnya.

Acara diakhiri dengan penyerahan sertifikat dan bingkisan kepada peserta Sosialisasi HIV/AIDS se-Dunia di Kota Metro yang berkolaborasi dengan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Metro, Pengurus Cabang SBH Kota Metro, Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Sehati Kota Metro, DPC PATELKI Kota Metro dan Saburai Support Group Metro di Auditorium Prodi PGSD Universitas Lampung di Kota Metro. (EW)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum