Peringati HJK 78, Kodim 0429/Lamtim Gelar Baksos Donor Darah

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika (HJK) ke-78 tahun 2023, Kodim 0429/Lamtim gelar donor darah, di Aula Gatot Soebroto Makodim, Jl. Soekarno-Hatta, Mataram Marga, Sukadana, Kab. Lampung Timur, Senin (12/12).

Komandan Kodim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH melalui Mayor Inf. Jumingan menyampaikan kegiatan bakti sosial donor darah yang dilaksanakan merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Juang Kartika (HJK) ke 78 tahun 2023.

“Kegiatan yang dilaksanakan kerja sama dengan PMI Lampung Timur adalah untuk membantu mengumpulkan darah agar stok darah di PMI aman,” ungkapnya.

Lebih lanjut Mayor Inf. Jumingan menambahkan, dari bakti sosial donor darah di kalangan Prajurit dan Persit Kodim 0429/Lamtim selain dapat membantu kesulitan orang lain juga sangat baik bagi kesehatan.

Baca Juga :  Polisi Amankan Seorang Remaja Asal Kecamatan Mataram Baru
Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

“Menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya merupakan implementasi sesuai dengan nilai-nilai yang tertuang dalam Delapan Wajib TNI, salah satunya dengan melaksanakan kegiatan donor darah”, tegasnya.

Sementara Staf Medis PMI Lampung Timur Eni Ning Astuti, A.Md, A.K mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0429/Lamtim atas kerjasamanya pada kegiatan baksos donor darah peringatan HJK ke-78.

“Atas nama PMI Lampung Timur kami mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0429/Lamtim karena sudah rutin menggelar kegiatan donor darah, mudah-mudahan kegiatan sosial ini terus berlanjut dalam rangka memenuhi kebutuhan stok darah di Kabupaten Lampung Timur dan sekitarnya”, ujarnya.

Baca Juga :  Desa Taman Negeri Bagikan Ember dan Penyemprotan Massal

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat agar rutin mendonorkan darahnya, selain bermanfaat bagi yang membutuhkan donor darah juga sangat baik untuk kesehatan.

“Donor darah adalah kegiatan yang memberikan sederet manfaat kesehatan. Beberapa manfaat donor darah mulai dari meningkatkan produksi sel darah merah hingga menjaga kesehatan jantung.” pungkasnya.

Beberapa prosedur yang dilaksanakan sebelum kegiatan donor diantaranya, pemeriksaan fisik umum. Meliputi pemeriksaan tekanan darah, denyut nadi, dan suhu, cek darah. Setelah itu, sampel kecil darah diambil dari tusukan jari dan digunakan untuk memeriksa tingkat hemoglobin selanjutnya skrining penyakit. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum