Germas Aksi Bergizi Cegah Stunting di Puskesmas Gantiwarno Pekalongan

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Kampanye Gerakan Hidup Sehat (Germas) dalam rangka pencegahan Stunting digelar di halaman kantor Puskesmas Gantiwarno, Kecamatan Pekalongan, Kab. Lampung Timur, Sabtu (16/12/2023).

Dikegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Duta Stunting Yus Bariyah Dawam Rahardjo,Ketua I TP-PKK Lamtim Huzaimah Azwar Hadi, Kepala Dinas Kesehatan Lamtim Dr. Satya Purma Nurgraha, Danramil 429-07/Pekalongan Kodim 0429/Lamtim Kapten Inf. Jumali bersama anggota, Forkopincam, Ka UPTD Puskesmas,Ka pus Jauhari Bayu Aji S.Kep, Kades Sekecamatan Pekalongan serta warga masyarakat peserta Germas.

Germas adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Baca Juga :  Seorang Petani Lampung Timur Selamat Dari Serangan Gajah Liar

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain, senam bersama, pemeriksaan kesehatan, gerakan cegah stunting, pemberian tablet tambah darah, kampanye cuci tangan dan makan buah bersama.

Hal itu disampaikan Duta Stunting Yus Bariah Dawam Rahardjo, dalam kegiatan Germas menunjukkan komitmen TNI dalam mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang sehat.

“Untuk itu diperlukan keterlibatan aktif secara terus menerus dari seluruh komponen bangsa, baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah, sektor non pemerintah, maupun masyarakat untuk mengedukasi agar berperilaku sehat melalui upaya promotif dan preventif,” ujarnya Yus Bariah.

Baca Juga :  Rapid Test Antigen Gratis Masyarakat yang Membutuhkan Pelayanan Polres Lampung Timur

Sementara Terkait penurunan Stunting,dr.Satya Purma Nurgraha, menjelaskan pemerintah pusat menargetkan14% sehingga ini menjadi masalah bersama yang perlu kerjasama serta dukungan dari semua pihak.

“Selaku bapak asuh stunting tingkat Kecamatan saya berharap kepada kader kesehatan agar lebih proaktif serta saling bersinergi mengoptimalkan program-program tepat sasaran dan konkret untuk percepatan penurunan stunting”, pungkasnya. (EW)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum