Dukung Kebutuhan Dan Kelancaran Saluran Air, Babinsa Bantu Petani Bersihkan Irigasi

| 𝕿𝖊𝖗𝖎𝖒𝖆𝖐𝖆𝖘𝖎𝖍 𝕵𝖆𝖉𝖎 𝕻𝖊𝖒𝖇𝖆𝖈𝖆 𝕾𝖊𝖙𝖎𝖆.

Klik Gambar

Lampung Timur-(HPN)- Untuk membantu kelancaran dalam pengolahan lahan pertanian serta mendukung kebutuhan air bagi para petani, Babinsa bersama warga membersihkan saluran irigasi di Desa Mataram Baru,Kecamatan Mataram Baru,Kabupaten Lampung Timur, Selasa (19/12/2023).

Babinsa Koramil 429-10/LBM Kodim 0429/Lamtim Serka Purwanto Dan Serka Budiono bersama Kepala Desa (Sudarmin) Didampingi Kelompok Tani bergotong-royong membersihkan saluran irigasi yang kurang lancar akibat banyaknya sampah maupun tumbuhan liar di musim penghujan, sehingga terjadi penyumbatan disepanjang saluran irigasi tersebut.

Kerja bakti ini merupakan salah satu upaya untuk menyukseskan program Hanpangan bersama Kelompok Tani (Poktan) membersihkan Gulma/Rumput serta saluran Irigasi, maka harus dilakukan pembersihan saluran air, supaya tidak tersumbat yang dapat menyebabkan saluran air macet bahkan terhambat, ungkap Serka Purwanto .

Baca Juga :  TPT Didesa Taman Negeri Berdampak Rawan Jebol, KPD Isna Kirim Surat ke Balai Besar Provinsi Lampung

“Untuk meningkatkan kesejahteraan para petani, saluran irigasi yang merupakan penyedia bahan baku air untuk mendukung kebutuhan air tentunya harus dijaga bersama-sama, sehingga dapat mengolah lahan dengan baik,”Imbuhnya.

Dirinya berharap, apabila saluran irigasi sawah lancar, maka hasil panen para petani akan lebih maksimal. Dengan demikian, ketahanan pangan khususnya di Desa Mataram Baru,Kecamatan Mataram Baru,Kabupaten Lampung Timur,dapat terwujud petani sukses bakti ini kita akan saling mengenal dan mewujudkan kemanunggalan TNI bersama rakyat.

Baca Juga :  Permudah Akses, Babinsa Koramil 13/MK Bersama Masyarakat Bangun Jembatan Penghubung

”Kedepan kami berharap kepada Kelompok Tani khususnya dan warga masyarakat selalu peduli terhadap sarana irigasi, kegiatan ini secara rutin harus kita laksanakan, karena mayoritas penduduk disini bermata pencaharian sebagai petani. Semoga menjadi petani yang sukses, makmur serta sejahtera, ”pungkas nya. (*)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum