Penanaman Pohon Serentak di Wilayah Kodam II/Sriwijaya oleh Kodim 0411/KM

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Kota Metro-(halopaginews.com)- Kodim 0411/KM menggelar kegiatan penanaman pohon serentak di wilayah teritorial Kodam II/Sriwijaya bertempat di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Metro Selatan Kota Metro, dengan tujuan untuk mewujudkan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan mengurangi dampak pencemaran. Senin (15/01/2024)

Kegiatan yang dimulai pukul 07.00 WIB tersebut melibatkan personel Kodim 0411/KM, Pemerintah Kota Metro, Polres Metro dan elemen terkait lainnya seperti tokoh masyarakat, organisasi kemasyarakatan, pelajar/pramuka serta warga sekitar.

Dalam sambutannya, Dandim 0411/KM Letkol Arh Rendra Febrandari Suparman,S.I.P. menjelaskan bahwa tujuan kegiatan ini adalah melestarikan pepohonan dan juga menjaga aliran sungai di wilayah Kodim 0411/KM.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program Kodam II/Sriwijaya yang pelaksanaannya dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah jajaran Kodam II/Sriwijaya,” ucapnya.

Foto, Istimewa
Foto, Istimewa

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, bisa memberikan manfaat bagi kita semua dan generasi mendatang tentunya,” imbuhnya.

Dandim juga mengajak agar semua elemen terkait dan juga masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan, salah satunya dengan menjaga kebersihan aliran sungai dan penanaman pohon yang berfungsi untuk mengurangi dampak pencemaran polusi agar keseimbangan alam tetap terjaga.

Sementara itu Walikota Metro dr. Wahdi yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Supriyadi,SH.,MH. menyampaikan terima kasih kepada Kodam II/Sriwijaya melalui Satuan Kodim 0411/KM yang mana telah melakukan kegiatan positif tersebut, Ia berharap melalui program ini maka akan menjadikan alam dan aliran sungai bisa lebih lestari serta meningkatkan kualitas udara dalam menunjang kesehatan.

Baca Juga :  Peringatan HKN ke-57: Walikota Metro, Buka Pemeriksaan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara

“Kegiatan penanaman pohon dan pembersihan sungai yang kita semua lakukan ini memiliki tujuan mulia, yaitu untuk melestarikan pepohonan dan kondisi sungai agar tetap terjaga. Dalam konteks ini, pohon-pohon yang ditanam akan memberikan kontribusi positif terhadap ekosistem sekitar, menjaga keberlanjutan hayati, serta mengurangi dampak negatif perubahan iklim,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan penanaman pohon ini merupakan langkah proaktif dalam mencegah pencemaran udara dan menjaga ekosistem yang menjadi habitat bagi berbagai jenis flora dan juga fauna. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya merespons dampak negatif yang sudah terjadi, tetapi juga mencegah potensi kerusakan lebih lanjut.

Sinergi antara Aparatur TNI-Polri dan Pemerintah Daerah serta seluruh elemen terkait lainnya menunjukkan solidnya komitmen bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan. Program serentak seperti ini memiliki dampak positif.

Komitmen untuk menjaga lingkungan hidup tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, dengan kegiatan ini maka partisipasi aktif dari masyarakat akan semakin tinggi. Dengan melaksanakan kegiatan serentak, pesan kesadaran lingkungan dapat tersebar luas, dan nilai-nilai keberlanjutan dapat ditanamkan lebih dalam pada kesadaran masyarakat.

Baca Juga :  Program Ketahanan Pangan, Dandim 0411/KM Lakukan Penebaran Benih Ikan Nila

Tampak hadir mengikuti kegiatan tersebut Kapolres Metro AKBP Heri Sulistyo Nugroho,S.IK,M.IK diwakili oleh Kabag Log Kompol Rusdi, Kasdim 0411/KM Mayor Inf Wawan Cahya Gunawan,S.H., Pabung Lamteng Mayor Inf Agus W., Kadis Lingkungan Hidup Ibu Ardah, Kadis Pertanian Herry Wiratno, Poprapar Parno Setiawan, Para Perwira Staf beserta Danramil jajaran, Kasat Pol PP Metro diwakili oleh Edi Sri Widodo, Ketua Hipakad Metro Budi H. beserta Anggota, FKPPI Metro, Forkopimcam Metro Selatan dan Lurah Sumbersari.

Sementara itu peserta penanaman pohon sejumlah 276 orang terdiri dari TNI 100 orang, Polri 30 orang, Pol PP 25 orang, Pemkot Metro 10 orang, FKPPI 15 orang, Hipakad 10 orang, Pramuka 56 orang, Kecamatan 10 orang, Masyarakat 10 orang dan Persit KCK 10 orang, dengan menanam 1000 bibit pohon kayu keras dan buah di lokasi Kelurahan Sumbersari serta 500 bibit diserahkan simbolis kepada perwakilan warga untuk ditanam tersebar di wilayah Kecamatan Metro Selatan.

Adapun jenis pohon yang ditanam diantaranya Akasia, Mahoni, Kelor, Petai, Pinang, Nangka, Jengkol, Alpukat, Durian, Coklat, Jambu dan Sirsak. (Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum