Sinergi TNI-POLRI Kawal Pelantikan KPPS Serentak Lampung Timur

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-Halopaginews.com- Dalam proses pemungutan suara pada saat Pemilihan Umum (Pemilu), terdapat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Mereka adalah kelompok yang dibentuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk bertugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Anggota KPPS yang telah dinyatakan lolos seleksi kemudian dilantik. Adapun pelantikan anggota KPPS Pemilu 2024 khususnya Kabupaten Lampung Timur berlangsung pada Kamis, 25 Januari 2024.

Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, S.H mengatakan, sinergi TNI-Polri beserta stakeholder dan seluruh elemen bekerja sama untuk menciptakan Pemilu 2024 serentak di Kabupaten Lampung Timur berjalan dengan aman, sejuk dan damai.

“Komitmen kami (TNI-Polri) Kodim 0429/Lamtim bersama Polres Lamtim tentunya dukungan dari semua pihak untuk menciptakan situasi Kamtibmas kondusif pada pelaksanaan pesta demokrasi 14 Februari 2024 mendatang”, kata Dandim, Jum’at (26/1/2024).

Sehingga, lanjut Dandim “setiap pentahapan Pemilu para Babinsa bersama dengan Bhabinkamtibmas berperan aktif baik memonitor maupun terlibat langsung, seperti dengan menghadiri kegiatan pelantikan pengawas TPS dan KPPS serentak sekabupaten Lampung Timur”, sambungnya.

Baca Juga :  BP2MI: Rista, TKW Hongkong Meninggal Bukan Karena Corona

Dandim kembali menekankan Netralitas TNI meskipun setiap pentahapan Pemilu para Babinsa aktif monitoring bahkan terlibat langsung.

“Jangan mudah termakan bujuk rayu/ iming-iming yang akan membawa kita terlibat kedalam politik praktis. Ingat kita Prajurit Profesional yang selalu mempedomani Netralitas TNI”, tegas Dandim.

Selain mengucapkan selamat, Dandim juga berpesan agar anggota KPPS bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan sehingga Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Lampung Timur berjalan sesuai dengan harapan bersama.

“Kami berharap agar Anggota KPPS se-kabupaten Lampung Timur yang sudah dilantik dalam bekerja berpedoman kepada ketentuan perundang-undangan, kode etik penyelenggara pemilu, bekerja secara profesional, berintegritas, bertanggung jawab dan transparan. Serta bekerja dengan niat kuat untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS”, pungkas Dandim.

Baca Juga :  Masa Tenang, DPD APKAN Lampung Timur Ingatkan Waspada Politik Uang

Dikutip dari sambutan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari, pelantikan yang dilaksanakan pada Kamis, tanggal 25 Januari 2024, dilakukan pelantikan KPPS sebanyak 5.741.127 orang untuk 820.161 TPS. Pelantikan juga ditandai dengan penanaman 5.709.898 bibit pohon secara serentak di lokasi pelantikan yang tersebar pada 71.000 titik.

Bahkan, pelantikan secara serentak ini mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk tiga kategori rekor, yaitu:
1. Pelantikan secara serentak anggota penyelenggara
pemilu terbanyak;
2. Bimbingan Teknis secara serentak kepada anggota
penyelenggara pemilu terbanyak; dan
3. Penanaman Bibit Pohon terbanyak secara serentak oleh
anggota penyelenggara pemilu terbanyak.
(Red)

Dilaporkan oleh : Redaksi Halopaginews