Cegah Penularan DBD, Babinsa Terjun Langsung Bantu Fogging

| π•Ώπ–Šπ–—π–Žπ–’π–†π–π–†π–˜π–Žπ– π•΅π–†π–‰π–Ž π•»π–Šπ–’π–‡π–†π–ˆπ–† π•Ύπ–Šπ–™π–Žπ–†.

Klik Gambar

Lampung Timur-Halopaginews.com- Babinsa Koramil 429-13/Metro Kibang Kodim 0429/Lamtim Kopka Sutardi bantu warga binaan melaksanakan fogging perumahan warga Dusun 2, Desa Marga, Kecamatan Metro Kibang, Minggu (28/1/2024).

DBD merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang penularannya disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti. Oleh karena itu, langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah dapat dilakukan dengan memotong siklus penyebarannya.

Salah satu cara memotong siklus yang dapat dilakukan yakni dengan cara fogging (pengasapan) untuk membunuh nyamuk dewasa.

Hal tersebut disampaikan Babinsa disela-sela kegiatan fogging yang juga turut dihadiri oleh Kades Marga Jaya beserta perangkat berikut petugas kesehatan.

Baca Juga :  Binrohtal Rutin Polres Lampung Timur, Bentuk Karakter Anggota Polri Jadi Lebih Humanis

“Fogging memang bisa dilakukan untuk pengendalian penularan DBD, namun harus dibarengi dengan tindakan lain karena tindakan ini hanya efektif pada nyamuk dewasa”, kata Babinsa.

Oleh karena itu, lanjut Babinsa,”cara pencegahan dan penularan nyamuk DBD yang paling baik adalah melalui pemberantasan sarang nyamuk (PSM) dengan cara menguras, menutup, dan mengubur serta memantau (4M)”, sambungnya

Babinsa juga terus mengajak seluruh warga agar benar-benar waspada terhadap DBD, mengingat sekarang pergantian musim dari panas ke musim hujan semua harus peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar. Pola hidup bersih itu sangat bagus untuk kesehatan sehingga jauh dari segala macam penyakit.

Baca Juga :  1 Pleton Personil Kodim 0429/Lamtim Pengamanan Kunjungan Mantan Wapres Ke-9

Terpisah, Danramil Metro Kibang Lettu Inf. Sugiantoro mendukung dengan apa yang telah dilakukan oleh Babinsanya.

“Selaku Danramil saya selalu menekankan kepada seluruh Babinsa agar berperan aktif diwilayah masing-masing.

“Apapun itu kegiatannya jangan pernah lelah berbuat baik, jika tidak bisa membantu dengan materi mari kita bantu tenaga dan pikiran, intinya kalau untuk kepentingan masyarakat jangan berfikir nanti”, ungkapnya. (Rls)

Dilaporkan oleh : Redaksi Umum